Bunga Rafflesia Arnoldii Ditemukan Mekar di Pinggir Jurang
TEMPO.CO | 03/03/2020 20:17
Bunga Rafflesia Arnoldii yang mekar di kebun warga Dusun VI Desa Air Meles Atas. (Antarabengkulu.com/Nur Muhamad)
Bunga Rafflesia Arnoldii yang mekar di kebun warga Dusun VI Desa Air Meles Atas. (Antarabengkulu.com/Nur Muhamad)

TEMPO.CO, Rejang Lebong - Bunga bangkai Rafflesia Arnoldii berdiameter sekitar 30 sentimeter mekar di area kebun kopi dan aren di wilayah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, sejak beberapa hari lalu. Bunga raksasa disebut baru pertama kali ditemukan di kawasan itu. 

Arohman, Kepala Dusun VI Desa Air Meles Atas, Kecamatan Selupu Rejang, mengatakan kalau puspa langka endemik Bengkulu tersebut tumbuh dan mekar di dalam kebunnya. Lokasi kebun di kawasan Air Merah yang berjarak sekitar dua kilometer dari permukiman warga sekitar.

"Bunga Rafflesia ini ditemukan oleh dua orang warga kami saat akan pergi mancing pada Sabtu (29 Februari) dan baru diberitahukan kepada saya Senin sore (2 Maret)," ujar Arohman, Selasa 3 Maret 2020.

Saat ditemukan, bunga merah hati itu baru mekar sempurna. Di dekatnya diketahui ada satu knop atau putik bunga lagi yang diperkirakan akan mekar dalam beberapa hari ke depan. 

"Saya sudah 20 tahun tinggal di Desa Air Meles Atas dan baru kali ini ada bunga Rafflesia yang tumbuh dan mekar," katanya sambil menambahkan, "Rencananya di sekitar lokasi ini akan kami bersihkan dan buat jalan, sehingga warga nanti bisa ikut melihat bunga yang kedua mekar." 

Lokasi bunga Rafflesia Arnoldii tumbuh dan mekar terlihat masih dipenuhi semak belukar. Posisinya berada di tebing jurang sehingga untuk melihatnya harus bersusah payah serta ekstra hati-hati.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT