BNPB: Kebakaran Hutan Februari Bertambah di Riau dan Aceh
TEMPO.CO | 27/02/2020 20:53
Suasana kebakaran lahan gambut di kawasan hutan Desa Peunia, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat, Aceh, 23 Oktober 2017. ANTARA FOTO
Suasana kebakaran lahan gambut di kawasan hutan Desa Peunia, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat, Aceh, 23 Oktober 2017. ANTARA FOTO

TEMPO.CO, Jakarta - Kebakaran hutan dan lahan terjadi di wilayah Kecamatan Medang Kampai, Dumai, Riau, dan Kota Langsa, Aceh, pada Kamis, 27 Februari 2020. Kebakaran di dua lokasi itu menambah yang telah terjadi di Kabupaten Bintan (Kepulauan Riau), Aceh Selatan, dan Kabupaten Nunukan (Kalimantan Utara) sejak pekan pertama Februari ini. 

Di Riau, lokasi kebakaran berada di sekitar Jalan Datuk Manan, Kelurahan Teluk Makmur. Api melahap lahan milik warga setempat seluas kurang lebih 5 hektare. Pemadamannya melibatkan 74 personel gabungan seperti dari BPBD, TNI, Polri, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api dan swasta.

"Lahan berupa semak belukar dan gambut. (Kebakaran) ini masih dalam penyelidikan pihak berwenang," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo, dalam keterangan tertulis, Kamis 27 Februari 2020.

Upaya yang dilakukan para personel gabungan adalah berupa pemadaman dan penyekatan. Tantangan selama operasi pemadaman yaitu angin yang berembus kencang serta ketersediaan air. Di samping itu, kata Agus, akses menuju area terbakar hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua.

Sementara itu, kebakaran di Kota Langsa, Aceh, seluas sekitar dua ribu meter persegi diduga karena cuaca panas. Namun, pihak berwenang sedang melakukan investigasi penyebab terbakarnya lahan yang ditanami sawit dan rerumputan tersebut. 

"Api yang muncul sekitar pukul 14.05 WIB berhasil dipadamkan oleh personel BPBD dan personel gabungan dari TNI, Polri, damkar setempat," kata Agus.



REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT