Top 3 Tekno Berita Hari Ini: UTBK, Harimau, Virus Corona
TEMPO.CO | 18/02/2020 22:14
Peserta UTBK 2019. (FOTO: ANTARA)
Peserta UTBK 2019. (FOTO: ANTARA)

TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mulai membuka pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2020. Pada tahap pertama mulai 17 Februari hingga 5 April setiap calon peserta diwajibkan membuat akun di situs resmi LTMPT.

Berita terpopuler lainnya, sejumlah pekerja dikagetkan kemunculan seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) liar di proyek jalan tol Pekanbaru-Dumai di Provinsi Riau, pada Minggu pagi, 16 Februari 2020. Lalu, Pemerintah Jepang yang mengirim 2.000 unit iPhone kepada penumpang yang terjebak di kapal persiar Diamond Princess bersama virus corona COVID-19.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

 

1. Pendaftaran Akun UTBK SBMPTN 2020 Dimulai, Ini Caranya

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mulai membuka pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2020.

Pada tahap pertama mulai 17 Februari hingga 5 April setiap calon peserta diwajibkan membuat akun di laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Mengutip laman resmi LTMPT, registrasi akun itu menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) serta tanggal lahir calon peserta.

2. Harimau Muncul, Pekerja Jalan Tol Sumatera Kaget

Sejumlah pekerja dikagetkan kemunculan seekor harimau sumatera (panthera tigris sumatrae) liar di proyek jalan tol Pekanbaru-Dumai di Provinsi Riau, pada Minggu pagi, 16 Februari 2020.

Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), Alfa Haga Rachmady, ketika dikonfirmasi dari Pekanbaru, Senin, mengatakan kemunculan satwa terjadi di proyek daerah Minas, Kabupaten Siak.

"Harimau tersebut muncul kemarin (Minggu) sekitar pukul 08.30 WIB. Lewat saja begitu, kebetulan pas kita lagi kerja, jadi langsung difoto sama pekerja kita," katanya.



3. Virus Corona di Kapal Pesiar, Ribuan Penumpang Dibagikan iPhone

Pemerintah Jepang mengirim 2.000 unit iPhone kepada penumpang yang terjebak di kapal persiar Diamond Princess bersama virus corona Covid-19. Kapal pesiar itu beserta isinya kini masih dikarantina di lepas pantai, Pelabuhan Yokohama, Jepang, tak diizinkan merapat ke darat.

Laman Business Insider menyebut lebih dari 3.500 penumpang dan kru kapal telah dikarantina selama lebih dari seminggu di sana. Para penumpang dan kru tak diperkenankan merapat dan meninggalkan kapal setelah sedikitnya 170 kasus infeksi virus corona terkonfirmasi di atas kapal itu.

Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang, bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi SoftBank dan LINE, belakangan mengirim dan membagikan ponsel iPhone ke atas kapal itu. Dengan ponsel itu, pengguna bisa mengunduh aplikasi yang memungkinkannya konsultasi dengan dokter dan mendapatkan petunjuk medis atas kondisi di atas kapal itu.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT