Lagi, WhatsApp Tinggalkan Sejumlah Sistem Operasi Hari Ini
TEMPO.CO | 01/02/2020 08:45
Fingerprint WhatsApp. Kredit: Thenextweb
Fingerprint WhatsApp. Kredit: Thenextweb

TEMPO.CO, Jakarta - Aplikasi percakapan WhatsApp tak lagi berfungsi di sejumlah ponsel Android dan iPhone mulai hari ini, 1 Februari 2020. Telah sejak beberapa waktu lalu WhatsApp mengumumkan kalau memang tidak akan lagi mendukung beberapa sistem operasi yang dianggapnya, 'tak lagi menawarkan kemampuan untuk fitur-fitur Whatsapp bisa lebih berkembang ke depannya.' 

Para pengguna ponsel dengan sistem operasi yang dimaksud tidak akan bisa lagi membuat akun ataupun memverifikasi ulang akun yang sudah ada. Facebook, pembuat aplikasi WhatsApp, mengatakan harus tega melakukan ini dengan alasan menjamin keamanan para penggunanya sendiri.

"Karena kami tidak lagi aktif membuat pengembangan untuk sistem-sistem operasi itu, sehingga beberapa fitur jadinya bisa saja stop fungsi setiap saat," ujar WhatsApp dalam unggahan di blog nya. WhatsApp merekomendasikan setiap pengguna yang terdampak beralih ke versi iOS ataupun Android yang lebih baru yang tersedia di ponsel masing-masing.

Ponsel cerdas yang masih menjalankan Android versi 2.3.7 (atau dikenal sebagai Gingerbread) atau yang lebih tua lagi yang akan terdampak tak bisa lagi mengoperasikan aplikasi WA per 1 Februari ini. Google menyebut, hanya 0,3 persen perangkat smartphone Android yang masih menggunakan versi sistem operasi itu.

iPhone dengan iOS 8 dan yang lebih tua juga bernasib serupa. Namun Apple juga mengklaim hanya tersisa tujuh persen dari perangkatnya yang masih beroperasi dengan sistem operasi di bawah iOS 12.

Setiap tahun, WhatsApp yang pertama kali rilis 2009, memang melakukan hal seperti ini: menyeleksi ulang dukungannya ke perangkat-perangkat tertentu. Pada akhir 2019, misalnya, aplikasi ini juga telah mundur dari seluruh ponsel yang masih menjalankan Windows atau Windows Mobile, setelah Microsoft lebih dulu mengumumkan rencananya berhenti permanen dari pengembangan softwarenya untuk ponsel tersebut.

WhatsApp telah lebih dulu meninggalkan ponsel-ponsel berbasis Windows yang lebih tua pada 2018. Pada tahun yang sama, dia juga hengkang dari seluruh perangkat BlackBerry.

Facebook menyatakan tetap akan melayani smartphone Android 4.0.3 ke atas, begitu juga iPhones yang bermesin iOS 9 atau yang lebih baru. WhatsApp mengatakan, "Ini keputusan yang sulit bagi kami tapi sangat tepat agar orang-orang bisa tetap berhubungan dengan teman, keluarga, dan orang-orang tercinta."


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT