Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Sukabumi Sampai Bandung
TEMPO.CO | 06/01/2020 07:28
Gempa magnitudo 5,0 mengguncang Sukabumi sampai Bandung pada Senin pagi, 6 Januari 2020. Kredit: BMKG
Gempa magnitudo 5,0 mengguncang Sukabumi sampai Bandung pada Senin pagi, 6 Januari 2020. Kredit: BMKG

TEMPO.CO, Bandung - Gempa tektonik bermagnitudo 5,0 mengguncang Pelabuhan Ratu Sukabumi, Senin pagi, 6 Januari 2020 pukul 06.12 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan lindu itu tidak berpotensi tsunami.

Pusat sumber atau episenter gempa terletak pada koordinat 8.14 LS dan 107.30 BT. Berada di laut jaraknya sekitar 121 kilometer arah barat daya Kota Garut, Jawa Barat.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono lewat keterangan tertulis menyatakan sumber gempa berkedalaman 41 kilometer. “Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi atau penunjaman lempeng Indo-Australia ke lempeng Eurasia.”

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault).

Dampak gempa berupa guncangan yang dirasakan di daerah Kabupaten Sukabumi dan Pelabuhan Ratu dengan skala intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah seakan ada truk yang berlalu.

Gempa juga dirasakan di sebagian wilayah Kabupaten Bandung dengan skala intensitas II MMI . Getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Sampai pukul 06.50 WIB nihil gempa susulan.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

ANWAR SISWADI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT