LIPI Akan Dorong Inovator Muda untuk Patenkan Karya
TEMPO.CO | 27/10/2019 08:01
Kepala LIPI Laksana Tri Handoko dalam malam penganugerahan IEYI 2019 di Tangerang Selatan, Banten, Jumat, 25 Oktober 2019. Kredit: ANTARA/Prisca Triferna
Kepala LIPI Laksana Tri Handoko dalam malam penganugerahan IEYI 2019 di Tangerang Selatan, Banten, Jumat, 25 Oktober 2019. Kredit: ANTARA/Prisca Triferna

TEMPO.CO, Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan mengarahkan para inovator muda Indonesia yang terlibat dalam International Exhibition for Young Inventor (IEYI) 2019 untuk mematenkan produk mereka.

"Kalau yang relevan akan kita arahkan minimal untuk jadi paten sederhana. Sudah pernah ada yang begitu dan itu tidak semua, tapi kalau yang bisa akan kita arahkan seperti itu," ujar Kepala LIPI Laksana Tri Handoko dalam malam penganugerahan IEYI 2019 di Tangerang Selatan, Banten, pada akhir pekan ini.

IEYI adalah kompetisi ilmiah remaja internasional untuk mendorong inovasi dan penemuan yang diadakan setiap tahun dalam 15 tahun terakhir.

Indonesia menjadi tuan rumah untuk 2019 dalam acara yang mengambil tema Youth for Better Future dengan harapan inovasi-inovasi yang ditampilkan di IEYI diharapkan dapat mengubah kualitas kehidupan menjadi lebih baik.

Untuk IEYI 2019, terdapat 150 proyek penelitian dari 11 negara peserta yaitu Indonesia, Jepang, Macau, Malaysia, Philipina, Rusia, Singapura Taiwan, Thailand, Tiongkok, dan Vietnam.

Kepala LIPI sendiri mengharapkan acara ini dapat melahirkan inovator-inovator muda, terutama Indonesia, dan memberi motivasi kepada anak-anak Indonesia.

"Selain untuk memberikan motivasi kepada mereka, juga bisa memberikan inspirasi kepada anak-anak muda yang lain," ujar Handoko.

Untuk mencapai hal tersebut, ujar dia, membutuhkan dukungan dari lingkup terdekat kalangan muda, seperti guru, orang tua, dan lingkungan sosial untuk terus memupuk kreativitas dan menumbuhkan imajinasi.

ANTARA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT