Fosil Lengkap Dinosaurus Karnivora Berbulu Ditemukan di Kanada
TEMPO.CO | 21/10/2019 08:26
Saurornitholestes langstoni, dinosaurus yang ditemukan di Kanada, 2014. (Gambar dok. Jan Sovak)
Saurornitholestes langstoni, dinosaurus yang ditemukan di Kanada, 2014. (Gambar dok. Jan Sovak)

TEMPO.CO, Jakarta - Spesimen dinosaurus ditemukan nyaris utuh di sebuah situs fosil di Kanada. Fosil tersebut dari jenis dromaeosaurid Saurornitholestes langstoni.

Secara ilmiah, Saurornitholestes langstoni adalah dinosaurus berbulu, termasuk karnivora dalam keluarga Dromaeosauridae (juga dikenal sebagai raptor).

Dinosaurus itu hidup sekitar 76 juta tahun lalu (periode Cretaceous) di tempat yang sekarang disebut Amerika Utara, demikian dikutip Sci-news, akhir pekan lalu. Spesies ini sebelumnya dianggap berhubungan erat dengan Velociraptor dari Mongolia, sehingga beberapa ahli paleontologi menyebutnya Velociraptor langstoni.

Kerangka baru Saurornitholestes langstoni yang hampir lengkap ditemukan oleh Clive Coy dari University of Alberta di Dinosaur Provincial Park pada 2014. Spesimen itu sangat lengkap   dengan semua tulang (kecuali ekor)  dalam kondisi utuh.

"Karena ukurannya yang kecil dan tulangnya halus, kerangka dinosaurus pemakan daging itu luar biasa langka dalam catatan fosil," kata peneliti dari Departemen Sejarah Alam di Museum Royal Ontario dan Departemen Ekologi & Departemen Biologi Evolusi di Universitas Toronto, David Evans.

Menurut Evans, kerangka itu sejauh ini merupakan kerangka raptor paling lengkap dan paling terpelihara yang pernah ditemukan di Amerika Utara. "Ini tambang emas ilmiah," lanjut Evans. Penemuan baru itu diterbitkan dalam jurnal Anatomical Record.

Evans dan koleganya, Profesor Philip Currie dari Universitas Alberta, menganalisis spesimen baru dan menemukan bahwa Saurornitholestes langstoni memiliki tengkorak yang lebih pendek dan dalam dibandingkan Velociraptor.

Di bagian depan mulut tengkorak, mereka juga menemukan gigi pipih dengan punggung panjang, yang kemungkinan digunakan untuk merapikan bulu. Gigi yang sama telah diidentifikasi di Velociraptor dan dromaeosaurid lainnya. Tim juga menetapkan perbedaan antara dromaeosaurid di Amerika Utara dan Asia.

Menurut Currie, informasi anatomi baru yang dimiliki jelas menunjukkan bahwa dromaeosaurid Amerika Utara adalah garis keturunan terpisah dari dromaeosaurid Asia, meskipun memiliki leluhur yang sama. "Ini mengubah pemahaman kita tentang pergerakan antar benua dari hewan-hewan ini dan pada akhirnya akan membantu kita memahami evolusi mereka," tutur Currie.

SCIE-NEWS | ANATOMICAL RECORD



REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT