Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Aplikasi Kontool dan Pesawat Rusia
TEMPO.CO | 03/09/2019 20:49
Aplikasi Kontool. Kredit: Facebook
Aplikasi Kontool. Kredit: Facebook

TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang aplikasi Kontool. Aplikasi Kontool dari Jerman menjadi viral di berbagai media sosial selama akhir pekan lalu. Warganet ramai memberi komentar di akun Facebook perusahaan tersebut.

Berita terpopuler lain tentang Rusia sedang mengembangkan pesawat mata-mata A-100 AEW & C, yang dibangun di atas  pesawat transportasi militer Ilyushin Il-76. 

Selain itu, arkeolog berhasil menemukan perahu kuno di Desa Lambur 1, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, yang diperkirakan berusia sekitar 700 tahun. Diduga keberadaannya terkait Kerajaan Sriwijaya.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

1. Aplikasi Kontool Masuk Indonesia Pakai Nama Lain?

Aplikasi Kontool dari Jerman menjadi viral di berbagai media sosial selama akhir pekan lalu. Warganet ramai memberi komentar di akun Facebook perusahaan tersebut. Sebagian besar mendukung aplikasi itu untuk menjadi semakin besar dan kokoh.

Salah satu akkun Afif Abiyyuzaki Pradana mengomentari viralnya aplikasi tersebut di Indonesia. “Saya berharap hal ini menjadi peluang bagi Anda untuk memperkenalkan produk perusahaan Anda ke dunia. Saya mengharapkan yang terbaik buat Anda,” tulisnya.

Hal senada disampaikan akun lainnya, Andrew Billard. Dia bahkan menyarankan perusahaan itu untuk merambah ke Indonesia. “Perusahaan anda harus datang ke Indonesia. Saya pikir Kontool sangat populer di sana, dan saya pikir sebagian besar mereka akan menyukai produk Anda,” tulisnya di bagian komentar.

2. Pembunuh Stealth, Ini Pesawat Rusia Paling Mematikan

Radar pada pesawat tempur semakin kuat, pesawat peringatan dini dan kontrol udara (AEW & C) masih merupakan kebutuhan bagi sebagian besar angkatan udara untuk dapat bersaing dalam perang udara.

Sementara USAF terus menggunakan versi yang ditingkatkan dari Boeing E-3 Sentry, yang dibangun di atas badan pesawat Boeing 707, Rusia saat ini sedang mengembangkan pesawat A-100 AEW & C, yang dibangun di atas versi terbaru dari pesawat transportasi militer Ilyushin Il-76, sebagaimana dilaporkan  nationalinterest.org 1 September 2019.

Rusia telah memulai uji coba penerbangan pendahuluan dari pesawat peringatan dini dan kontrol udara (AEW&C) A-100 pada Februari lalu. Tonggak sejarah tersebut, yang diumumkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia (MoD), muncul sekitar 15 bulan setelah penerbangan perdana prototipe pada akhir 2017. Ini adalah prasyarat terakhir sebelum awal program uji coba penerbangan komprehensif platform AEW & C yang dimodernisasi.

3. Arkeolog Temukan Perahu Kuno Berumur 700 Tahun, Zaman Sriwijaya?

Arkeolog berhasil menemukan perahu kuno di Desa Lambur 1, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, yang diperkirakan berusia sekitar 700 tahun. Diduga keberadaannya terkait Kerajaan Sriwijaya.

"Masih dugaan awal, untuk memastikannya saat ini sampel ijuk dan kayu masih dibawa ke Lab Nasional untuk diuji, kita masih menunggu hasil uji sampelnya," kata arkeolog dari Universitas Indonesia, Ali Akbar, di Jambi, Senin, 2 September 2019.

Berdasarkan hasil penelitian sementara, perahu itu lebarnya sekitar 5 meter dengan panjang 24 meter. "Sejauh ini proses ekskavasi baru berjalan sekitar 60 persen, baru sebagian perahu yang dapat diketahui," kata Ali Akbar.

Selain tiga berita terpopuler tentang aplikasi Kontool, Anda bisa membaca berita hari ini seputar sains dan teknologi hanya di kanal Tekno Tempo.co.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT