Facebook Bikin Aplikasi Saingan WhatsApp Bernama Threads
TEMPO.CO | 28/08/2019 07:39
Logo Threads, aplikasi perpesanan baru dari Facebook pesaing WhatsApp dan Snapchat. Kredit: Alex Castro/The Verge
Logo Threads, aplikasi perpesanan baru dari Facebook pesaing WhatsApp dan Snapchat. Kredit: Alex Castro/The Verge

TEMPO.CO, Jakarta - Raksasa media sosial Facebook diam-diam membuat platform perpesanan saingan WhatsApp dan Snapchat baru yang disebut Threads. Menurut laman The Scottish Sun, Selasa, 27 Agustus 2019, aplikasi tersebut memungkinkan pengguna mengirim pesan teks dan melacak lokasi mereka.

Aplikasi baru ini dilaporkan sedang diuji secara internal di Facebook. Beberapa fitur pada aplikasi itu telah terungkap oleh screenshot gambar yang diperoleh media.

Ilustrasi menunjukkan daftar sederhana dari pembaruan status otomatis yang mengatakan hal-hal seperti "Free", "Busy" atau "Boored". Menurut The Verge, Threads akan berputar di sekitar fitur daftar "teman dekat" di Instagram, yang juga dimiliki Facebook.

Saat ini, pengguna dapat membagikan Cerita Instagram ke daftar teman pilihan yang mereka pilih sendiri. Namun, Threads dilaporkan akan mengundang pengguna untuk secara otomatis berbagi informasi seperti lokasi, masa pakai baterai, pesan teks, foto, dan video standar.

Berbagi data lokasi dan masa pakai baterai adalah semua fitur yang umumnya dikaitkan dengan Snapchat. WhatsApp, yang juga dimiliki oleh Facebook, sudah memiliki fitur status sederhana yang serupa.

Tidak jelas kapan Threads akan diluncurkan ke publik. Awal tahun ini, terungkap bahwa Facebook akan menggabungkan bagian pengiriman pesan dari aplikasi Messenger miliknya dengan WhatsApp dan Instagram. Proyek ini diyakini melibatkan ribuan karyawan Facebook yang bekerja untuk menggabungkan aplikasi bersama.

Namun Facebook Messenger, WhatsApp, dan Instagram, masih akan ada sebagai aplikasi mandiri. Hanya layanan perpesanan mereka akan menjadi satu sistem yang terpadu.

THE SCOTTISH SUN | THE VERGE


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT