Instagram Stories Ditingkatkan, Gandeng Spark AR
TEMPO.CO | 15/08/2019 09:35
Instagram stories dengan AR. (Instagram)
Instagram stories dengan AR. (Instagram)

TEMPO.CO, Jakarta - Instagram menggandeng Spark AR dalam pembaruan filter Augmented Reality (AR) di fitur Instagram Stories. Media sosial berbasis gambar itu akan membuat pengguna bisa memakai filter AR untuk diunggah dalam Instagram Stories yang lebih menarik.

Spark AR merupakan aplikasi yang memberikan pengalaman AR. Menurut siaran pers Instagram, Rabu, 14 Agustus 2019, para kreator Spark AR terdiri dari berbagai latar belakang jenis pekerjaan, mulai dari sekadar memiliki hobi desain hingga animator dan desainer grafis profesional.

Para kreator tersebut menciptakan berbagai portofolio menarik dan membangun pengikut setia mereka karena orang-orang aktif menggunakan dan membagikan filter AR mereka. Di Instagram, filter AR para kreator dapat ditemukan dan dibagikan melalui beberapa cara.

Pertama, melalui Galeri yang tersedia di ikon kamera. Setiap followers akan melihat filter yang dibuat oleh para kreator yang mereka ikuti di Instagram melalui galeri yang tersedia di ikon kamera. Kedua, Instagram Stories, dimana para pengguna dapat mengekspresikan diri dan momen-momen berharga mereka.

Selain itu, melalui Galeri Efek Terbaru, Galeri ini akan menampilkan berbagai filter AR dari para kreator yang tergabung dalam platform Instagram. Contohnya adalah Luke Hurd (@lukehurd) yang menciptakan sebanyak 30 efek Spark AR hingga hari ini untuk menjangkau komunitasnya.

Selain itu, ada @tokyyto, seniman dan musisi muda di Argentina yang terinspirasi oleh seniman lokal dan mengeksplor berbagai warna (contoh karyanya ada di video ini). Dan kreator filter lainnya @felipepantone, desainer terkenal di Berlin @johwska, filter dari brand fashion (Dior, Gucci), hingga tim olahraga dan selebriti (Kylie Jenner dan Rihanna).

Selain para kreator independen, brand dan bisnis juga mengeksplor cara bagaimana Spark AR dapat mendukung kampanye kreatif mereka dan meningkatkan interaksi komunitas. Mereka memberikan kesempatan bagi calon konsumen untuk mencoba produk secara virtual, pameran museum digital, dan cuplikan singkat kampanye di Instagram.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT