Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Pemakai Koteka Menurun, iPhone 6
TEMPO.CO | 15/07/2019 18:22
Mahasiswa berbusana koteka Divio Tekege di ruang kuliahnya (Jubi/Ist)/Teras.id
Mahasiswa berbusana koteka Divio Tekege di ruang kuliahnya (Jubi/Ist)/Teras.id

TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang pemakai koteka menurun. Dosen antropologi Universitas Cendrawasih, Jayapura, Hari Suroto mengaku prihatin penggunaan atau pemakaian koteka oleh warga di lembah Baliem atau Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, kian berkurang.

Selain itu, seorang gadis berumur 11 tahun asal California, Amerika Serikat, Kayla Ramos, menyatakan bahwa iPhone 6 miliknya baru-baru ini terbakar. Juga, tips teknologi tentang cara menyimpan status WhatsApp kontak yang Anda simpan.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

1. Pemakai Koteka Menurun, Dosen Uncen Persilakan Mahasiswa Memakai

Mahasiswa berbusana koteka Divio Tekege di ruang kuliahnya (Jubi/Ist)/Teras.id

Seorang dosen antropologi Universitas Cendrawasih, Jayapura, Hari Suroto mengaku prihatin penggunaan atau pemakaian koteka oleh warga di lembah Baliem atau Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, kian berkurang.

"Iya, hanya generasi tua dari Suku Dani saja yang mengenakan koteka. Itu pun hanya di kampung-kampung yang jauh dari kota. Generasi muda Suku Dani sudah tidak atau jarang mengenakan koteka lagi," kata Hari Suroto, yang juga peneliti Balai Arkeologi Papua ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Sabtu, 13 Juli 2019.

Kini, koteka kebanyakan ditemui hanya dipakai dalam acara Festival Budaya Lembah Baliem saja yang dipusatkan di Kampung Walesi, Kabupaten Jayawijaya. Meskipun ada juga penggunaanya bisa ditemui di kampung-kampung terjauh.

2. iPhone 6 Terbakar di Tangan Gadis Usia 11 Tahun

iPhone 6 terbakar di tangan seorang gadis asal California, AS. Kredit: 9to5mac

Seorang gadis berumur 11 tahun asal California, Amerika Serikat , Kayla Ramos, menyatakan bahwa iPhone 6 miliknya baru-baru ini terbakar. Ramos mengatakan bahwa dia memegang iPhone itu di tangannya dan melihat percikan api kemudian melemparkan perangkat itu.

"Saya sedang duduk, dan saya memegang handphone (iPhone 6), kemudian saya melihat bunga api beterbangan di mana-mana dan saya melemparkannya ke atas selimut," kata Ramos, seperti dilaporkan laman 9to5mac baru-baru ini. "Saya ada di di tempat tidur dan ponsel berhasil membakar selimut dan membuat lubang-lubang."

Mengutip laman 23ABC, Ramos menambahkan bahwa umumnya dia hanya menggunakan perangkat itu untuk menonton video YouTube, dan terkadang membiarkan adik-adiknya bermain game dengannya.

3. Tips Teknologi: Cara Mudah Simpan Status WhatsApp Teman Anda

Logo WhatsApp pada layar ponsel. (thenextweb.com)

Tips teknologi kali ini Tempo mengulas tentang cara menyimpan status WhatsApp kontak yang Anda simpan. Fitur Status WhatsApp menjadi salah satu aspek paling populer dari aplikasi obrolan ini dan ada kalanya Anda ingin menyalin atau mengunduh pesan status atau gambar status yang diposting oleh kontak Anda.

Namun, WhatsApp tidak mengizinkan penggunanya mengunduh gambar atau video yang di-posting sebagai status. Aplikasi besutan Facebook itu tidak memberikan cara resmi untuk mengunduh pos status dari pengguna WhatsApp mana pun, tapi ada beberapa langkah untuk bisa menyimpan status tersebut.

Selain tiga berita terpopuler di atas, Anda bisa membaca berita hari ini seputar sains dan teknologi hanya di kanal Tekno Tempo.co.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT