Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Pengumuman SBMPTN 2019, Foto di Mars
TEMPO.CO | 10/07/2019 06:47
Universitas Padjadjaran. TEMPO/Nita Dian
Universitas Padjadjaran. TEMPO/Nita Dian

TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang pengumuman SBMPTN 2019. Tahun ini peserta SBMPTN 2019 bisa mengetahui nilai ujiannya sebelum mendaftar. Di Universitas Padjadjaran atau Unpad, nilai terendah yang diterima masuk adalah 535,5 untuk prodi sains dan teknologi.

Baca: Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Wasiat Sutopo Purwo Nugroho

Selain itu, mengikuti jejak Marinir dan Pasukan Khusus AS, militer Rusia akan melengkapi tentaranya dengan drone multi-rotor kecil yang dipersenjatai dengan bahan peledak. Juga, seorang pemburu alien Scott C. Waring kembali mengklaim bahwa gambar permukaan yang diambil lembaga antariksa Amerika atau NASA menampilkan seekor binatang yang terlihat seperti monyet.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

1. 535,5 Jadi Nilai Terendah yang Diterima SBMPTN 2019 di Unpad

Universitas Padjadjaran. TEMPO/Nita Dian

Pada tahun ini peserta SBMPTN 2019 bisa mengetahui nilai ujiannya sebelum mendaftar. Di Universitas Padjadjaran atau Unpad, nilai terendah yang diterima masuk sebesar 535,5 untuk prodi sains dan teknologi.

“Program studinya nggak usah disebutkan takut tersinggung,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Arry Bainus, Senin, 8 Juli 2019.

Passing grade atau batas nilai terbawah 535,5 itu merupakan angka untuk salah satu prodi kelompok Sains dan Teknologi. Passing grade untuk prodi kelompok Sosial Humaniora 533,78.

2. Ikut AS, Pasukan Rusia Dilengkapi Drone Bom Taktis

Ilustrasi drone perang Rusia. Kredit: Izvestia

Mengikuti jejak Marinir dan Pasukan Khusus AS, militer Rusia akan melengkapi tentaranya dengan drone multi-rotor kecil yang dipersenjatai dengan bahan peledak. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan kepada situs berita Rusia Izvestia, sebagaimana dilaporkan Defense One baru-baru ini.

"Direncanakan bahwa kendaraan penerbangan baru itu akan melakukan tidak hanya misi pengintaian, tetapi juga menyerang target dengan bom miniatur," menurut situs itu.

Tidak disebutkan secara pasti seberapa besar drone itu, hanya dikatakan bahwa drone itu akan diberikan ke divisi dan brigade pasukan darat dan udara serta pasukan operasi khusus dan marinir.

3. Keanehan Gambar Mars NASA, Pemburu Alien: Tampak Seperti Monyet

Sebuah foto yang diambil NASA di Mars menunjukkan gambar seperti monyet. (NASA/ETDATABASE.COM)

Seorang pemburu alien Scott C. Waring kembali mengklaim bahwa gambar permukaan yang diambil lembaga antariksa Amerika atau NASA menampilkan seekor binatang yang terlihat seperti monyet, demikian dilaporkan laman Ibtimes, baru-baru ini.

Waring menemukan gambar tersebut melalui Gigapan, situs web perusahaan swasta yang didirikan melalui upaya kolaborasi antara Universitas Carnegie Mellon di Pennsylvania dan Pusat Penelitian Ames NASA. Situs web ini menampilkan gambar panorama definisi tinggi Mars yang diambil oleh peneliti NASA.

Menurut Waring, foto itu belum diubah karena berasal dari situs yang sangat terkemuka. Dia menemukan sesuatu yang aneh setelah memperbesar bagian atas foto. Setelah memeriksa foto dengan cermat, ia menemukan gambar apa yang tampak seperti primata. Itu sangat mirip monyet yang memeriksa sesuatu di tanah sambil duduk.

Selain tiga berita terpopuler di atas, Anda bisa membaca berita hari ini seputar sains dan teknologi hanya di kanal Tekno Tempo.co.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT