Unpad Tambah 8 Program Studi Baru Sarjana D4
TEMPO.CO | 28/06/2019 06:16
Pusat Pelayanan Terpadu Unpad, Bandung. (unpad.ac,id)
Pusat Pelayanan Terpadu Unpad, Bandung. (unpad.ac,id)

TEMPO.CO, Bandung - Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung menambah delapan program studi baru Sarjana Terapan atau D4. Sistem seleksinya lewat jalur mandiri bagi lulusan SMA sederajat 2016-2019. Waktu pendaftarannya pada 1 hingga 13 Juli 2019 pukul 23.59 WIB.

Program studi D4 yang baru dibuka itu meliputi Akuntansi Sektor Publik, Bisnis Internasional, Pemasaran Digital (Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Kemudian Teknologi Industri Kimia (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetauan Alam).

Ada juga Bisnis Logistik dan Kearsipan Digital (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik), serta Pariwisata Bahari di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Selain itu ada satu program studi lagi yang dibuka pada tiga fakultas, yaitu Agroteknopreneur di Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, dan fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Rektor Unpad Rina Indiastuti mengatakan, penambahan program studi D4 itu untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja swasta dan pemerintahan. “Diperlukan kebutuhan sarjana terapan sehingga langsung bisa bekerja,” katanya, Kamis, 27 Mei 2019. Beberapa jurusan digital untuk merespons kebutuhan industri 4.0.

Pembukaan program studi baru itu, ujar Rina, dirumuskan bersama pencapaian pembelajaran atau kurikulumnya dengan industri dan pemerintah. “Kerjasama juga menyangkut penempatan lulusan,” katanya.

Peserta bisa mengakses informasi pendaftaran pada laman  http://smup.unpad.ac.id/. Biaya pendaftaran untuk jalur mandiri sebesar Rp500 ribu, dan Rp600 ribu untuk program studi yang memerlukan tes khusus.

Khusus peserta yang berasal dari keluarga tidak mampu wajib menyiapkan salah satu kartu seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Program Keluarga Harapan (KPKH), Kartu Jakarta Pintar (KJP), atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Pengumuman tahap satu dari seleksi program Sarjana Terapan akan diumumkan pada 25 Juli 2019. Sedangkan pengumuman tahap dua (akhir) pada 6 Agustus 2019. 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT