Ini 7 Pengaturan Privasi iPhone yang Harus Segera Dicek
TEMPO.CO | 10/06/2019 10:30
Ilustrasi berbagi foto kuliner di media sosial. Iphoneographycourse.com
Ilustrasi berbagi foto kuliner di media sosial. Iphoneographycourse.com

TEMPO.CO, Jakarta- IPhone Anda dan semua data yang terkumpul  adalah jendela bagi penggunanya. Semua itu termasuk kontak, lokasi, foto, email, teks, dan bahkan rekening bank Anda, sering dapat ditemukan pada smartphone itu di saku Anda.

Mengutip laman Mashable baru-baru ini, data pribadi Anda itu bisa dengan mudah berpindah ke pihak lain.  Namun, bukan berarti Anda harus membuang ponsel ke laut dan kembali ke kehidupan sebelum tahun 90-an.

Ada beberapa langkah kecil untuk mengurangi data dan privasi Anda bocor ke pihak lain:

1. Lokasi

Seperti yang diperlihatkan New York Times pada Desember lalu, banyak aplikasi seluler terus-menerus mengumpulkan lokasi pengguna sepanjang hari dan kemudian membagikan informasi itu kepada banyak perusahaan pihak ketiga.

Aplikasi yang meminta akses tanpa batas ke data lokasi Anda, katakanlah untuk memberi tahu cuaca spesifik lokasi Anda, adalah beberapa penyebab paling jelas. Silakan nonaktifkan akses ini. Di iPhone Anda, buka Pengaturan, Privasi, lalu Layanan Lokasi. Kemungkinan besar, Anda akan melihat bahwa fitur dihidupkan.

Pada layar ini, Anda akan menemukan daftar aplikasi yang meminta atau memiliki akses ke data lokasi Anda. Kecuali itu untuk layanan yang benar-benar perlu di mana Anda berada, seperti aplikasi peta, Anda harus beralih secara individual setiap pengaturan aplikasi individu ke pilihan Tidak pernah.

Dalam hal sesuatu seperti Google Maps atau Lyft, ubah ke While Using the App. Ini berarti bahwa aplikasi tersebut tidak akan tahu persis di mana Anda berada ketika Anda tidak menggunakannya.

Apa pun yang Anda lakukan, jangan biarkan aplikasi apa pun diatur ke pilihan Selalu, terutama jika itu adalah aplikasi cuaca. Atau tahukah Anda kamera menyematkan lokasi Anda ke foto? Matikan itu juga, ada banyak cara lain bagi aktor jahat untuk menentukan lokasi Anda, tapi tidak juga ada alasan untuk memudahkan mereka.

2. Kamera

Sejumlah aplikasi di iPhone kemungkinan telah meminta diberikan akses ke kamera Anda. Alasannya cukup sederhana, misalnya, Anda ingin menggunakan filter Snapchat, dan aplikasi perlu akses ke kamera Anda. Itu masuk akal.

Alasan aplikasi lain karena memiliki akses ke kamera Anda mungkin kurang jelas. Sekali lagi, buka Pengaturan, Privasi, Kamera dan tinjau aplikasi apa yang telah Anda berikan akses kamera. Lihat sesuatu di sana yang tidak masuk akal? Silakan menonaktifkannya.

3. Mikrofon

Anda mungkin terkejut, dan tidak begitu senang, di mana aplikasi di ponsel Anda telah meminta akses mikrofon. Misalnya, apakah Anda ingin Drivetime memiliki akses ke mikrofon Anda? Tidak? Karena jika Anda sudah mengunduhnya, maka itu mungkin.

Jika aplikasi tidak memiliki alasan yang jelas untuk membutuhkan akses ke mikrofon Anda, jangan berikan akses itu. Untuk menonaktifkan akses aplikasi individual ke mikrofon Anda, buka Pengaturan, Privasi, lalu Mikrofon dan mulai nonaktifkan semuanya.

Jangan khawatir tentang terlalu banyak melakukan itu, karena Anda selalu dapat kembali dan menyalakannya nanti jika Anda menentukan bahwa sesuatu seperti Google Maps sebenarnya membutuhkan mic Anda.

4. Pelacak iklan

Tahukah Anda iPhone memiliki opsi untuk membatasi pelacakan iklan? Ya, memang, tapi Anda harus memastikan itu dihidupkan. Caranya, kembali buka Pengaturan, pilih Privasi dan kemudian gulir ke bawah, pilih Iklan.

Kemudian pilih batasi pelacakan iklan untuk mengaktifkan fitur ini. Saat Anda di sana, silakan dan tekan Reset Pengidentifikasi Iklan.

5. Live Photos

Apakah Anda menggunakan pengaturan Live Photos di iPhone Anda? Apakah Anda tahu apa itu? Menurut Apple, dengan Live Photos, iPhone Anda merekam apa yang terjadi 1,5 detik sebelum dan setelah Anda mengambil gambar.

Apa yang didapatkan lebih dari foto yang hebat itu momen yang ditangkap dengan gerakan dan suara. Dengan kata lain, gambar Anda sebenarnya adalah video 3 detik. Banyak orang mengaktifkan fitur ini tanpa menyadarinya akibatnya. Alih-alih berbagi foto lucu dengan teman dan keluarga dapat juga.

Potensi perangkap Live Photos sangat luas. Bayangkan berbicara sampah dengan teman-teman Anda, sementara seseorang mengambil foto cepat. Foto itu merupakan Live Photos, kemudian bisa tersebar melalui iMessaged, dan sekarang semua orang yang menerimanya memiliki rekaman audio dari pembicaraan sampah Anda.

6. Kunci pratinjau pesan layar

Apakah Anda menerima banyak iMessages? Pesan Sinyal, mungkin? Seperti kebanyakan orang, Anda berharap renungan digital itu menjadi pertukaran pribadi antara pengirim dan penerima. Tapi, tentu saja, itu tidak selalu terjadi.

Ketika Anda menerima pesan dan iPhone Anda terkunci, ponsel Anda biasanya akan menampilkan pratinjau pesan itu di layar Kunci Anda. Bukan hanya dari siapa pesan itu berasal, tapi juga bagian dari isi pesan itu.

Dengan kebiasaan orang-orang meletakkan smartphone mereka menghadap ke atas meja ruang konferensi atau meja, sayangnya menjadi tersebar luas. Bayangkan Anda melamar pekerjaan baru dan orang penting Anda ingin tahu bagaimana wawancara itu berlangsung.

Cukup tidak berbahaya, bukan? Ya, tidak jika Anda sedang rapat dengan bos Anda saat ini dan pratinjau pesan berikut muncul, terlihat jelas oleh semua, langsung di layar Kunci ponsel Anda: Apakah Anda mendapatkan pekerjaan?!? Namun Anda dapat menonaktifkan fungsionalitas pratinjau itu.

Caranya, ketuk ke Pengaturan, Pemberitahuan dan kemudian gulir ke bawah ke Pesan. Di bawah pengaturan Pesan, ada opsi Tampilkan Pratinjau. Setel ke Tidak pernah. Dengan begitu, Anda masih dapat melihat bahwa Anda memiliki pesan, dan bahkan dari siapa pesan tersebut, tapi isinya tidak akan ada di sana untuk dilihat semua orang. Sekarang, ulangi dengan layanan lain yang Anda tidak ingin bocor ke layar kunci Anda.

7. Pesan suara

Apakah Anda lupa tentang pesan suara Anda? Peretas tidak. Di 2018 DEF CON, para peneliti menunjukkan kemampuan secara brutal memaksa akun pesan suara dan menggunakan akses itu untuk mereset akun Google dan PayPal.

Jadi, apa yang dapat Anda lakukan? Tetapkan kata sandi pesan suara 9 digit secara acak. Buka Pengaturan, Telepon lalu gulir ke bawah ke ubah kata sandi pesan suara. iPhone harus membiarkan Anda memilih kode 9 digit, yang akan sangat melindungi privasi Anda.

MASHABLE | NEW YORK TIMES | IPHONE



REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT