Ini 10 Fitur Google Maps yang Bisa Dimanfaatkan untuk Mudik
TEMPO.CO | 22/05/2019 06:27
Tampilan Google Maps pada sistem infotainment Apple Carplay. Sumber: auto.ndtv.com
Tampilan Google Maps pada sistem infotainment Apple Carplay. Sumber: auto.ndtv.com

TEMPO.CO, Jakarta - Sejak diluncurkan pada 2005, Google Maps banyak dimanfaatkan pengguna smartphone, mulai dari melihat berapa lama untuk pergi dari titik A ke titik B, menjelajahi restoran dan tempat menarik, sampai mencari jalan ke suatu tempat.

Baca juga: Google Maps Terintegrasi dengan Info Mudik

Google Maps telah menempuh perjalanan panjang selama 14 tahun sejarahnya. Berikut ini beberapa fitur yang paling berguna di aplikasi navigasi Google untuk keperluan mudik:

1. Ubah waktu untuk melihat hasil paling akurat

Google Maps bisa sangat membantu untuk mencari arah sebelumnya, tapi pastikan untuk mengubah jendela waktu yang cocok ketika Anda berencana untuk bepergian. Itu memungkinkan Google untuk menyajikan hasil paling akurat berdasarkan pola lalu lintas dan variabel lainnya.

Untuk melakukan ini, Anda cukup ketuk tombol 'berangkat' di dekat bagian atas layar, tepat di bawah tempat Google mencantumkan moda transportasi yang tersedia.

2. Simpan daftar tempat favorit Anda.

Jika Anda sering mengalami kesulitan melacak tempat Anda, Google Maps dapat membantu. Cukup ketuk ikon yang terlihat seperti tiga garis vertikal bertumpuk dan pilih 'tempat Anda'. Dari sana, ketuk tab 'disimpan', pilih 'favorit', dan tekan tombol 'tambah' untuk menyimpan restoran brunch favorit Anda atau kafe dekat rumah.

3. Gunakan tab 'perjalanan' untuk melihat informasi tentang rute Anda

Tab memudahkan untuk melihat informasi tentang perjalanan harian atau perjalanan dengan kereta ke kantor. Pertama, pastikan Google Maps tahu alamat kantor Anda dengan mengetuk ikon yang terlihat seperti tiga garis vertikal di sudut kiri atas layar.

Lalu tekan 'tempat Anda' untuk melihat alamat rumah dan kantor yang telah Anda simpan di Google Maps. Setelah alamat kantor Anda diperbarui, ketuk tab 'perjalanan' antara tombol 'jelajahi' dan 'untuk Anda' di dekat bagian bawah layar untuk melihat detail tentang rute Anda.

4. Unduh peta untuk penggunaan offline

Jika Anda berkendara melalui daerah terpencil, Anda mungkin tidak selalu memiliki akses ke layanan internet yang andal. Google memungkinkan Anda mengunduh peta area tertentu sehingga Anda dapat melihatnya tanpa WiFi atau koneksi internet.

Untuk melakukannya, cari area tersebut, seperti lingkungan  atau seluruh kota, yang ingin Anda unduh. Kemudian gulir ke bawah ke bagian bawah layar ke tombol 'arah' dan geser ke atas untuk menekan tombol 'unduh'.

Jika Anda tidak melihat opsi ini, cari area tersebut, tekan ikon garis vertikal untuk meluncurkan menu, dan pilih 'peta offline', lalu 'peta khusus'. Ingat bahwa peta offline hanya dapat memberikan petunjuk arah mengemudi dan informasi lalu lintas tidak akan tersedia.

5. Tambahkan pemberhentian ke perjalanan Anda.

Terkadang perjalanan tidak selalu melibatkan mengemudi langsung dari titik A ke titik B. Anda mungkin perlu menjemput teman, berhenti untuk mengisi bensin, atau makan sebentar di sepanjang jalan. Di Google Maps, Anda dapat dengan mudah menambahkan pemberhentian seperti ke rute mengemudi Anda.

Setelah memulai perjalanan, ketuk area di dekat bagian bawah layar tempat perkiraan waktu kedatangan ditampilkan. Lalu tekan 'cari di sepanjang rute' dan cari pemberhentian yang Anda inginkan. Anda dapat mengetikkan alamat tertentu atau tempat tujuan umum, seperti restoran atau pompa bensin.

Google akan mencari tempat yang cocok dengan Anda di sepanjang rute Anda. Saat Anda menemukan yang ingin Anda tambahkan sebagai pit stop, cukup ketuk di peta, dan Google akan menambahkannya ke perjalanan Anda.

6. Pesan perjalanan Gojek atau Grab

Google telah membuat peralihan antara aplikasi Peta dan aplikasi seperti Gojek dan Grab lebih sederhana dan mulus. Setelah mengetik alamat tujuan Anda dan menekan tombol arah, telusuri opsi transportasi yang tersedia dan ketuk ikon yang terlihat seperti orang yang melambai.

Ini akan menarik daftar layanan mobil berdasarkan permintaan di wilayah Anda dan perkiraan ongkosnya. Pilih opsi yang Anda inginkan dan tekan tombol buka aplikasi untuk memanggil mobil.

7. Bagikan lokasi Anda

Ada kalanya Anda ingin memberi tahu teman atau anggota keluarga berapa lama sebelum Anda tiba. Untuk mempermudah berbagi perkiraan waktu kedatangan Anda, gunakan fitur 'bagikan perjalanan' di Google Maps.

Ketuk bagian di dekat bagian bawah layar tempat aplikasi menunjukkan berapa lama untuk mencapai tujuan Anda. Lalu pilih 'berbagi kemajuan perjalanan'. Dari sana, Anda dapat memilih kontak yang ingin Anda bagikan dengan lokasi sampai Anda tiba di tujuan.

Google akan memberi Anda daftar kontak yang disarankan, tetapi Anda juga dapat memilih untuk membagikan lokasi Anda melalui pesan teks atau email, di antara opsi lain.

8. Lihat apakah restoran favorit Anda terlalu ramai

Google Maps dapat melakukan lebih dari sekadar memberikan arahan. Aplikasi ini juga dapat menyajikan detail tempat menarik, seperti deskripsi restoran, ulasan, foto, dan banyak lagi. Satu informasi yang sangat berguna di Google Maps adalah saat-saat ketika lokasi biasanya paling ramai.

Setelah mencari restoran, bar, atau objek wisata di Maps, ketuk di dekat bagian bawah layar untuk meluncurkan kartu layar penuh yang memberikan gambaran umum lokasi. Kemudian gulir ke bawah ke bagian 'waktu populer' untuk melihat grafik yang menunjukkan seberapa ramai kemungkinan lokasi itu atau berapa lama menunggu selama waktu tertentu dalam sehari.

9. Letakkan pin untuk menunjukkan kepada teman di mana Anda berada.

Jika Anda berada di ruang publik yang ramai, seperti Central Park atau festival musik, mungkin sulit untuk menggambarkan lokasi Anda secara tepat. Di situlah menjatuhkan pin di Google Maps bisa berguna.

Cukup tekan dan tahan jari Anda di layar untuk menjatuhkan pin di lokasi yang Anda inginkan. Kemudian Anda dapat memberi label dan membaginya dengan teman atau anggota keluarga dengan menekan tombol ke bagian bawah layar.

10. Gunakan AR untuk mengarahkan Anda ke arah yang benar

Google ingin menggunakan kamera ponsel Anda untuk menebak-nebak apakah Anda berjalan ke arah yang benar. Perusahaan baru-baru ini meluncurkan versi awal Google Maps  dengan augmented reality (AR) untuk jajaran perangkat Pixel-nya, yang dirancang untuk memungkinkan melihat penanda visual di dunia nyata ketika Anda melihat melalui jendela bidik kamera Anda.

Jika Anda menggunakan perangkat Pixel, cari tombol AR di dekat bagian bawah layar setelah Anda mengetik tujuan Anda untuk mencoba fitur ini. 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT