Start-Up AS Rancang Pesawat Hipersonik, London-New York 90 Menit
TEMPO.CO | 21/05/2019 16:51
Pesawat Hipersonic rancangan Hermeus. (Dok.Hermeus)
Pesawat Hipersonic rancangan Hermeus. (Dok.Hermeus)

TEMPO.CO, Jakarta - Sebuah perusahaan start-up Amerika, Hermeus, merancang pesawat hipersonik dengan kecepatan di atas 5 Mach atau 4.800 km perjam. Dengan kecepatan lima kali kecepatan suara ini, jarak New York - London bisa ditempuh dalam 90 menit dari sebelumnya sekitar 7 jam.

"Visi dari perusahaan adalah menghubungkan kota-kota di dunia lebih cepat daripada sebelumnya," tulis siaran pers Hermeus, 13 Mei 2019.

Menurut Livescience, Selasa, 21 Mei 2019, Hermeus berhasil menggandeng investor Khosla Ventures. ''Hermeus sedang mengembangkan pesawat yang tidak hanya meningkatkan pengalaman penerbangan dengan waktu penerbangan yang sangat berkurang, tetapi juga memiliki potensi untuk memiliki dampak sosial dan ekonomi yang besar," kata Vinod Khosla, pendiri Khosla Ventures.

Hermeus juga mengumumkan, sejumlah pakar penerbangan ytelah bergabung menjadi penasihat, seperti Rob Meyerson, mantan presiden Blue Origin, Rob Weiss mantan GM di Lockheed Martin Skunk Works, dan George Nield mantan direktur di FAA.

Hermeus akan bergabung dengan perusahaan lain yang fokus di bidang luar angkasa. Setahun lalu, NASA memberi kontraktor kedirgantaraan dan pertahanan Lockheed Martin kontrak $ 241,5 juta untuk mengembangkan pesawat supersonik yang bisa terbang tanpa suara bising pada pertengahan 2022.

Pada Juni 2018, Boeing meluncurkan konsep pesawat hipersoniknya di Forum Penerbangan dan Penerbangan di Atlanta. Dua tahun lalu, startup Boom Technology bermitra dengan pendiri Virgin Galactic, Richard Branson untuk menciptakan pesawat yang bisa mencapai kecepatan Mach 2.2.

Sejarah pesawat supersonik dimulai pada 1969 ketika Concorde berhasil mengangkasa dengan kecepatan 2,2 Mach. Pesawat ini akhirnya dikandangkan pada November 2003 dan tidak diproduksi lagi karena dinilai menimbulkan kebisingan luar biasa.

Berita lain tentang pesawat hipersonik bisa Anda simak di Tempo.co.

LIVESCIENCE | HERMEUS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT