Hadirkan GIF Tema Ramadan, Instagram Gandeng Kreator Lokal
TEMPO.CO | 15/05/2019 06:10
GIF Ramadan Instagram
GIF Ramadan Instagram

TEMPO.CO, Jakarta - Menyambut Ramadan, aplikasi berbasis gambar Instagram merilis fitur terbaru di Indonesia, yaitu GIF dengan tema Ramadan yang bisa digunakan di Instagtam Stories. Untuk membuat GIF tersebut, Instagram menggandeng lima kreator lokal asal Indonesia.

Baca juga: Facebook Minta Pengguna Ubah Kata Sandi Instagram, Ini Alasannya

"Kita ingin kegiatan melalui fitur Instagram Stories menjadi lebih menarik dan menyenangkan makanya kita bikin GIF. Fitur Instagram Stories merupakan salah satu fitur paling populer di Indonesia," ujar Communications Manager Instagram Asia-Pacific Putri Silalahi, di Ruang Komunal Facebook Indonesia, Selasa, 14 Mei 2019.

Lima orang kreator tersebut adalah The Popo, By Puty, Irfan Nugroho atau yang dikenal dengan Bulletos, Dinda Puspitasari dan Haikal. Mereka membuat GIF berdasarkan kata-kata yang sering disampaikan ketika Ramadhan, seperti Sabar, Sahur, Buka ataupun Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Untuk menemukan stiker-stiker GIF bertema Ramadan itu, pengguna cukup mengetik Ramadan Instagram pada kolom pencarian GIF di Instagram Stories. Setelah itu, pengguna tinggal memilih GIF tersebut untuk diunggah di Instagram Stories-nya.

"Pengguna di Indonesia biasanya kebanyakan menggunakan Instagram untuk konten berbagi pesan, salam dan ucapan, dan fitur Instagram Stories penggunaannya paling tinggi di Indonesia," kata Putri.

Selain fitur GIF, Instagram juga meluncurkan filter yang diberi nama 'Lantern' yang bisa ditemukan dalam pilihan filter Instagram Stories mulai 5 Mei 2019 hingga 5 Juni 2019. Lantern menampilkan ornamen bulan sabit bokeh dan menawarkan pilihan desain saat diketuk.

Menurut Client Partner Facebook & Instagram Indonesia Aldo Rambie, penggunaan fitur Instagram Stories selama Ramadan biasanya meningkat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. "Data internal Instagram menunjukkan bahwa tahun lalu, penggunaan Instagram Stories di Indonesia meningkat 28 persen di bulan Ramada," tutur Aldo.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT