WhatsApp, Facebook dan Instagram Dikabarkan Down Kembali
TEMPO.CO | 14/04/2019 19:50
Ilustrasi logo Instagram, Facebook, Whatsapp
Ilustrasi logo Instagram, Facebook, Whatsapp

TEMPO.CO, Jakarta - Platform media sosial Facebook, WhatsApp dan Instagram, yang semuanya milik Facebook, dilaporkan tidak berfungsi pada hari Ahad sore, 14 April 2019. Hal itu membuat pengguna berbondong-bondong melaporkan bahwa mereka tidak bisa menerima pesan, demikian dilaporkan laman thejerussalempos, Ahad.

Baca: Pembaruan WhatsApp, Bisa Kirim 30 File Audio Sekaligus
Baca: Pembaruan WhatsApp: Perbaiki Tampilan Pengiriman Pesan Suara
Baca: WhatsApp Akan Hadirkan Fitur Blokir Pesan yang Diteruskan

Di seluruh dunia, pengguna WhatsApp melaporkan bahwa tidak bisa mengirim atau menerima pesan. Sementara pengguna Instagram tidak dapat mengunggah cerita atau foto mereka, dan Facebook mengalami gangguan umum pada antarmuka. 

Ketika memantau selama beberapa menit, Tempo juga mengalaminya, tidak dapat menerima pesan WhatsApp, hanya ada notifikasi 'memeriksa pesan baru' dan 'Anda mungkin telah menerima pesan baru'. Artinya kemungkinan ada pesan masuk, tapi tidak masuk, seolah-olah dalam antrean.

Semua sistem bekerja dari server Facebook yang telah mengalami beberapa crash dalam beberapa bulan terakhir. Pada Maret, Facebook macet selama dua hari, hal itu mempengaruhi WhatsApp dan Instagram.

Ketika masuk ke jaringan ternyata mustahil bagi semua pengguna. BBC menyebutnya penghentian paling parah dalam sejarahnya, dan mencatat bahwa terakhir kali Facebook terganggu pada skala seperti itu adalah pada 2008.

Selama crash Maret, Facebook telah memberi tahu para penggunanya melalui Twitter bahwa mereka bekerja untuk menyelesaikan masalah sesegera mungkin. Namun, belum ada pesan seperti itu dirilis pada saat crash terbaru pada Ahad ini.

Simak kabar terbaru tentang WhatsApp down hanya di kanal Tekno Tempo.co

THEJERUSSALEMPOST | BBC


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT