Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Laut Bali, Tak Ada Potensi Tsunami
TEMPO.CO | 02/04/2019 08:53
Gempa Laut Bali. Kredit: BMKG
Gempa Laut Bali. Kredit: BMKG

TEMPO.CO, Jakarta - Gempa tektonik terjadi di Laut Bali dengan kekuatan magnitudo 5,0 pagi ini, Selasa, April 2019. Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa terjadi pada pukul 08:22:44 WIB.

Baca: Gempa Magnituto 5,5 Guncang Nicobar, Tak Berpotensi Tsunami

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,24 LS dan 114.60 BT dengan kedalaman 10 Km. Lokasinya tepat di laut pada jarak 84 km Tenggara Sumenep, 84 km Timur Laut Situbondo, Jawa Timur; 111 km Barat Laut Buleleng, 172 km Barat Laut Denpasar, Bali; dan 872 km Tenggara Jakarta.

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat dan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di Situbondo II-III MMI, sedangkan di Denpasar dan Singaraja II MMI. Artinya gempa tidak dirasakan atau dirasakan hanya oleh beberapa orang tetapi terekam oleh alat.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tini idak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.



REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT