Durian Mengandung Kolesterol? Pakar Nutrisi: Hanya Mitos
TEMPO.CO | 29/03/2019 06:46
Pengunjung memilih durian dalam Festival Mendem Duren atau mabuk durian di jalan Ki Ageng Gribig, Malang, Jawa Timur, Kamis, 10 Januari 2019. ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Pengunjung memilih durian dalam Festival Mendem Duren atau mabuk durian di jalan Ki Ageng Gribig, Malang, Jawa Timur, Kamis, 10 Januari 2019. ANTARA/Ari Bowo Sucipto

TEMPO.CO, Jakarta - Pendapat bahwa durian banyak mengandung kolestrol, ternyata hanya mitos. Sebaliknya, buah itu justru mengandung banyak vitamin.

Spesialis nutrisi Rachel Olsen di Medan, Kamis, 28 Maret 2019, mengatakan durian sama sekali tidak memiliki kolesterol. Hal itu dikutipnya dari riset US National Library of Medicine.

7 Manfaat Durian bagi Kesehatan, Baik untuk Pasien Diabetes?

Bahkan durian kaya dengan kandungan gizi karena di setiap daging buahnya terdapat protein, serat, karbohidrat, lemak baik, vitamin dan juga mineral.

"Jadi durian merupakan buah yang memiliki komposisi nutrisi yang bagus untuk dikonsumsi setiap hari," ujar Rachel Olsen.

"Jadi jangan khawatir makan durian. Justru gizinya cukup lengkap untuk kebutuhan harian manusia," katanya.

Durian mengandung vitamin A, B kompleks, C serta mineralnya juga beragam seperti kalium, kalsium, zat besi, mangan, sodium, zinc dan fosfor.

Selain itu,  durian juga memiliki anti oksidan yang tinggi untuk membantu pencegahan penyakit kanker.

Meski durian memiliki nilai gizi yang bagus, mengonsumsi sayur dan buah yang bervariasi tetap diperlukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

"Sebenarnya saat kita sudah rutin makan sayur dan buah, tetapi terkadang tubuh tidak dapat menyerapnya dengan maksimal akibat banyak faktor," katanya.

Termasuk berkurangnya kandungan vitamin dan mineral dari sayur dan buah akibat cara memasak atau mengkonsumsinya tidak benar.

"Untuk memastikan tubuh tercukupi dengan vitamin dan mineral, maka manusia harus mengonsumsi multivitamin tambahan," ujarnya.

Nutrisi per 100 g
Water64,99 g
Energy147 kcal
Protein1,47 g
Total lipid(fat)5,33 g
Ash1,12 g
Carbohydrates27,09 g
Fiber, total dietary3,80 g
Calcium, Ca6,000 mg
Iron, Fe0,430 mg
Magnesium, Mg30,000 mg
Phosphorus, P39,000 mg
Potassium, K436,000 mg
Sodium, Na2,000 mg
Zinc, Zn0,280 mg
Copper, Cu0,207 mg
Manganese, Mn0,325 mg
Vitamin C, total ascorbic acid19,700 mg
Thiamin0,374 mg
Riboflavin0,200 mg
Niacin1,074 mg
Pantothenic acid0,230 mg
Vitamin B-60,316 mg
Folate, total36 µg
Vitamin B-120 µg
Vitamin A, RAE2 µg
Retinol0 µg
Carotene, beta23 µg
Carotene, alpha6 µg
Cryptoxanthin, beta0 µg
Vitamin A, IU44 IU
Cholesterol0 mg

Sumber: USDA National Nutrient Database

Berita lain tentang durian bisa Anda simak di Tempo.co


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT