4 Solusi IoT Nokia untuk Lingkungan dan Petani Resmi Dirilis
TEMPO.CO | 17/02/2019 13:00
Internet of Things. itpro.co.uk
Internet of Things. itpro.co.uk

TEMPO.CO, Jakarta - Nokia merilis paket Internet of Things (IoT) off-the-shelf untuk membantu operator memimpin bisnis baru di pasar IoT vertikal baru-baru ini. Teknologi tersebut dibuat untuk memberikan solusi terhadap masalah mulai dari lingkungan hingga kesehatan hewan ternak.

Baca: Bocoran Spesifikasi Smartphone 5 Kamera Nokia 9 PureView

Perangkat IoT tersebut memungkinkan operator untuk mencapai penyampaian service lebih cepat dan menyederhanakan pengaturan dan operasi layanan IoT enterprise.

Berikut empat solusi baru yang diumumkan oleh Nokia:

1. Smart Agriculture as-a-Service

Sensor penangkap data lingkungan, tanah, dan tanaman yang kemudian dianalisis untuk memberikan wawasan yang dapat membantu petani mengelola tanaman secara lebih efektif, sehingga dapat menghemat biaya irigasi, pestisida, dan pupuk yang dikeluarkan petani.

2. Livestock Management as-a-Service

Alat itu merupakan pelacak dan biosensor untuk memonitor kesehatan dan kebugaran ternak untuk memberi peternak peringatan dini, jika ada kelainan dapat terdeteksi, sehingga dapat menjaga kesehatan ternak agar tetap bernilai, dan meningkatkan hasilnya.

3. Logistic as-as-Service

Sensor IoT ini memungkinkan pelacakan pergerakan global dan kondisi barang melalui rantai pasokan lengkap untuk membantu perusahaan mengidentifikasi insiden-insiden secara cepat. Bahkan dapat memprediksi peristiwa di masa depan untuk mengoptimalkan pengiriman dan efisiensi proses logistik.

4. Asset Management as-a-Service

Dapat menghubungkan produk di seluruh dunia yang memungkinkan status dan kinerjanya dipantau secara terpusat. Sehingga membantu perusahaan menyediakan layanan yang lebih baik bagi bisnis dan konsumen mereka.

Nokia dikabarkan sedang menguji coba Agriculture as-a-Service dengan operator Afrika. Nokia bekerja sama dengan penyedia layanan terkemuka dan perusahaan konsultan untuk Asset Management as-a-Service untuk membantu mereka menawarkan layanan yang lebih canggih.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT