Polisi Tangkap Tujuh Orang Pelempar Suporter PSS
KRJOGJA.COM | 24/01/2019 12:05
Polisi Tangkap Tujuh Orang Pelempar Suporter PSS
Ilustrasi. (Unay Sunardi)

SLEMAN, KRJOGJA.com - Tujuh orang yang diduga diterlibat dalam pelemparan batu terhadap Muhammad Asadulloh Alkhoiri (19) hingga menyebabkan tewesnya korban akhirnya berhasil ditangkap. Petugas menciduk satu persatu pelaku sejak sejak Selasa (22/01/2019) hingga Rabu (23/01/2019). Dari tujuh pelaku tersebut, satu dantaranya masih berstatus pelajar.

Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri menerangkan, kejadian meninggalnya salah satu suporter di Jalan Raya Yogya Solo Cupuwatu Purwomartani Kalasan itu menjadi atensi pihak kepolisian. Tim bergerak cepat dan berhasil mengamankan tujuh orang terduga pelaku.

BACA JUGA: El Loco Gonzales Tinggalkan Sleman

”Mereka sudah berhasil kami ditangkap. Hal ini jadi peringatan keras terhadap suporter yang lain. Boleh mendukung tim kesayangan tapi jangan menggunakan cara-cara seperti itu,” terang Ahmad Dofiri.

Kapolda menerangkan, pihaknya akan menindak tegas siapapun yang terlibat dalam peristiwa ini. Apalagi kejadian yang melibatkan suporter bahkan sampai menghilangkan nyawa sudah beberapa kali terjadi. ”Nanti akan dipilah-pilah, karena aksinya kan dilakukan bersama-sama,” imbuh Kapolda.

Mengenai apakah kelompok pelaku juga merupakan suporter, Kapolda mengatakan, kelompok ini memiliki afiliasi ke salah satu suporter. “Hal yang makin memprihatinkan, pelaku masih di bawah umur dan ada yang berstatus pelajar,” tandas Kapolda.

Kendati demikian, penyidikan tetap berjalan sesuai prosedur. Meski ada pelaku di bawah umur, penyidik tetap menggunakan sistem peradilan anak. Apalagi jika ancaman hukumannya lebih dari tujuh tahun penjara, tindakan tegas tapi berukur akan diberlakukan terhadap mereka. ”Jangan salah kaprah, meski di bawah umur, penyidik tetap bertindak tegas. Ada sistem peradilan anak, mulai dari penyidik, sistem peradilan dan tahanannya," tegas Kapolda.

BACA JUGA: Suporter Tewas Dilempar Batu, Maident Ikut Berduka

Kasat Reskrim Polres Sleman Polda DIY AKP Anggaito Hadi Prabowo menambahkan, tidak menutup kemungkinan jumlah pelaku akan bertambah. Apalagi saat kejadian, rombongan pelaku lebih dari tujuh orang. Tujuh pelaku yang berhasil diamankan tak terlepas dari kinerja Tim Progo Sakti Polres Sleman. Mereka langsung melakukan olah TKP dan memeriksa rekaman CCTV. (R-2)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT