PSIS Semarang Kontra Persipura Diwarnai Aksi Rasisme
JUBI.CO.ID | 08/03/2019 06:00
PSIS Semarang Kontra Persipura Diwarnai  Aksi Rasisme
Aksi Yustinus Pae saat Persipura kalahkan PSIS Semarang 3-1 – Jubi/PT Liga Indonesia Baru.

 Jayapura, Jubi – Tim Persipura mendapat perlakuan tidak sopan atau dihina bernada rasis dari pendukung PSIS Semarang. Ini bukan kejadian pertama, dan kerap berulang.


Ketidak-sukaan itu muncul saat Mutiara Hitam mengalahkan Mahesa Jenar dengan skor 3-1, Rabu malam (6/3/2019) pada laga grup C turnamen Piala Presiden, di Stadion Moh.Soebroto, Magelang, Jawa Tengah.


Moze, salah satu mahasiswa Papua yang menuntut ilmu di Semarang mengatakan sejak tim Persipura memasuki stadion sudah mendapat caci-maki dari pendukung tuan rumah.


“Sejak kick off babak pertama mereka sudah bernyanyi saling berbalas kalahkan “asu hitam” artinya anjing hitam,” katanya lewat telepon kepada Jubi, Kamis (8/3/2019).


Moze mengatakan, pendukung Persipura yang notabene adalah mahasiswa, sempat emosi dan naik darah mendengar ejekan yang dialamatkan pada Persipura.


“Kita juga ingin balas berteriak baku gara dorang (membalas ejekan pendukung tuan rumah), tapi teman-teman lain melarang. Bisa-bisa nanti timbul gesekan, apalagi suporter tuan rumah mendominasi setiap sudut lapangan,” ujarnya.


PSSI harus tegas dan adil


Terpisah Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano (BTM) berharap perangkat pertandingan hingga PSSI lebih jeli melihat dan bertindak jika ada teriakan provokatif ataupun kata-kata rasis dari suporter dalam pertandingan.


Hal ini jadi atensi orang nomor satu di kota Jayapura menyikapi laga PSIS Semarang vs Persipura, di mana kapten dan pemain muda Persipura menunjukan gestur tubuh yang tidak biasanya kepada para suporter PSIS Semarang.


Sikap tidak suportif Gunansar Mandowen dan Boaz Soloosa tertangkap kamera TV yang menayangkan laga ini secara langsung. Selesai pertandingan Boaz nampak mengulurkan tangan meminta maaf kepada salah satu pendukung yang masuk ke pinggir lapangan.


Baca selengkapnya di JUBI.CO.ID


BERITA TERKAIT