Ini Nama Calon Pesepakbola Eropa Terbaik 2018, Tak Ada Messi
TEMPO.CO | 21/08/2018 14:49
Ini Nama Calon Pesepakbola Eropa Terbaik 2018, Tak Ada Messi
Pemain Barcelona Lionel Messi dihadang oleh pemain Celta Vigo Sergi Gomez saat bertanding dalam La Liga Spanyol di Balaidos stadium di Vigo, Spanyol, 17 April 2018. (AP Photo/Lalo R. Villar)

TEMPO.CO, Jakarta - Nama Lionel Messi tak masuk dalam daftar calon peraih gelar pesepakbola terbaik Eropa tahun ini. Daftar yang diumumkan oleh UEFA, badan sepak bola Eropa, diisi dari dua klub yang melaju ke babak final Liga Champions, Real Madrid dan Liverpool.

Ketiga pemain yang masuk dalam daftar calon peraih gelar pesepakbola terbaik Eropa itu adalah Mohamed Salah (Liverpool), Cristiano Ronaldo dan Luka Modric (Real Madrid).

Terdapat sedikit perubahan dalam penilaian tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya. Jika pada tahun 2017, UEFA hanya menempatkan jurnalis sebagai juri untuk memilih pemain terbaik, pada tahun ini mereka juga menyertakan 80 pelatih tim yang mengikuti Liga Champions dan Liga Eropa musim lalu.

Para juri tersebut diperbolehkan memilih 3 pemain terbaik menurut versi mereka. Peringkat pertama dari daftar tiga pemain itu akan mendapatkan 5 angka, peringkat ketiga tiga angka dan peringkat ketiga satu angka. Mohamed Salah, Cristiano Ronaldo dan Luka Modric merupakan tiga pemain pengumpul angka terbanyak dari pemungutan suara tersebut.

Mohamed Salah menjadi pemain dari Liga Inggris pertama yang masuk dalam nominasi pemain terbaik Eropa sejak penghargaan ini diperkenalkan 2011 lalu. Salah juga tercatat sebagai pemain Afrika pertama yang masuk dalam nominasi.

Masuknya nama Salah itu tak mengejutkan. Dia mampu menunjukan performa apiknya bersama Liverpool musim lalu. Dia tercatat mencetak 44 gol untuk Liverpool di semua kompetisi serta mampu membawa The Kop melaju ke babak final Liga Champions.

Sayangnya Mohamed Salah mengalami cedera pada laga final setelah berduel dengan bek Real Madrid, Sergio Ramos. Salah pun harus keluar lapangan sejak babak pertama dan Liverpool menyerah 3-1 pada laga itu.

Cristiano Ronaldo yang merupakan pencetak gol terbanyak Liga Champions musim lalu kembali menjadi kandidat kuat meraih gelar pesepakbola terbaik Eropa. Ronaldo merupakan pemain yang paling sering merebut gelar tersebut dengan 3 gelar dan merupakan pemegang gelar dalam dua tahun terakhir.

Tampilnya nama Luka Modric juga dinilai tak mengejutkan. Selain mampu membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions, Modric juga berhasil membawa Kroasia ke babak final Piala Dunia 2018.

Bintang Barcelona, Lionel Messi, kembali absen dari daftar nominator pesepakbola terbaik Eropa. Dia hanya mendapatkan 55 angka dan berada di posisi kelima di bawah Antoine Griezmann yang membawa Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018.

Ini adalah kedua kalinya Messi tak tampil dalam daftar tersebut dalam tiga tahun terakhir. Messi pernah dua kali meraih gelar pesepakbola terbaik Eropa, yaitu pada 2011 dan 2015.

THE SUN


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT