Gagal di Piala Dunia 2018, Bagaimana Masa Depan Ronaldo?
TEMPO.CO | 01/07/2018 13:39
Seorang fotografer mengambil gambar pemain timnas Portugal, Cristiano Ronaldo yang tertunduk lesu keluar lapangan di akhir laga saat melawan Uruguay dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Fisht Stadium, Rusia, Sabtu, 30 Juni 2018. Kapten sekaligus
Seorang fotografer mengambil gambar pemain timnas Portugal, Cristiano Ronaldo yang tertunduk lesu keluar lapangan di akhir laga saat melawan Uruguay dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Fisht Stadium, Rusia, Sabtu, 30 Juni 2018. Kapten sekaligus bintang utama Portugal, itu lagi-lagi harus menunda mimpi besarnya untuk raih kesempurnaan dengan memenangkan Piala Dunia. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Kiprah Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2018 berakhir cepat. Ia dan pemain Portugal lain gagal melaju ke perempat final setelah dikalahkan Uruguay 2-1, Senin dinihari WIB, 1 Juli 2018.

Kegagalan ini, memicu pertanyaan soal masa depannya: Akankah ia segera pensiun atau masih akan tampil di Piala Dunia 2022? 

Ronaldo, yang akan berusia 37 tahun pada 2022, memilih tutup mulut memberikan jawaban terkait masa depannya itu. Ia lebih memilih bicara tentang masa depan Portugal.  "Sekarang bukan waktunya membicarakan masa depan pemain dan pelatih," kata dia.

Pemain berusia 33 tahun mengatakan, Portugal sebagai juara Piala Eropa 2016 akan membenahi skuadnya sambil menyongsong masa depan yang lebih baik karena dihuni banyak pemain muda. "Kami memiliki tim yang fantastis, muda dan dengan banyak ambisi dan untuk alasan itu saya pikir tim akan tetap kuat," kata Ronaldo.

Ronaldo menyelesaikan Piala Dunia 2018 dengan mencetak empat gol, berselisih satu gol dari striker Inggris Harry Kane yang memimpin daftar pencetak gol terbanyak sementara.

Sementara itu pelatih Portugal Fernando Santos berharap Ronaldo tetap menjadi bagian timnas hingga beberapa waktu ke depan. "Cristiano masih memiliki banyak hal untuk diberikan kepada sepak bola dan saya berharap dia tetap membantu para pemain muda untuk tumbuh dan berkembang," katanya.

 

REKOMENDASI BERITA