Radja Nainggolan Tak Masuk Timnas Belgia, Ini Alasan Pelatih
TEMPO.CO | 21/05/2018 22:01
Radja Nainggolan Tak Masuk Timnas Belgia, Ini Alasan Pelatih
Radja Nainggolan, pemain AS Roma berdarah Indonesia, usai menjebol gawang Inter Milan untuk kedua kalinya, dalam pertandingan Liga Italia Serie A di kandang Inter, 27 Februari 2017. AP/Luca Bruno

TEMPO.CO, Jakarta - Bintang sepak bola Belgia keturunan Indonesia, Radja Nainggolan, batal tampil di Piala Dunia, Rusia, Juni 2018. Pelatih timnas Belgia Roberto Martinez tidak mengikut sertakan gelandang AS Roma Radja Nainggolan dalam skuadnya.

Martinez mengatakan,  langkah tersebut murni keperluan taktik dan bukan terkait urusan disiplin di masa lalu .

Pria Spanyol itu pada Senin, 21 Mei 2018, memberikan kejutan dengan tidak mengumumkan skuad finalnya yang berisi 23 pemain seperti yang diharapkan, justru mendaftarkan 28 pemain yang akan kembali dipangkas pada 4 Juni 2018. Tim diumumkan dua hari setelah pertandingan persabahatan melawan sesama tim peserta Piala Dunia Portugal di Brussel pada 2 Juni.

"Kami tahu bahwa Radja memiliki peran yang sangat penting di klubnya dan kami tidak memberinya peran itu di skuad kami," kata Martinez pada konferensi pers.

Radja berperan dalam mengantar Roma ke semifinal Liga Champions. Menurut Martinez, ia tidak dapat menawarinya peran serupa di tim Belgia. "Yang lebih menyerang." Sang pelatih dan pemain telah melakukan diskusi "yang jujur" setelah Martinez terbang ke Roma pada Minggu.

Tidak ada keraguan mengenai popularitas Radja Nainggolan, 29 tahun, di antara para penggemar Belgia, menyusul peran kuncinya di Piala Eropa 2016, kata sang manajer, namun pelatih harus siap untuk mengambil keputusan-keputusan sulit demi kebaikan tim.

"Saya tidak berpikir Radja merupakan pemain yang terbiasa pada peran kecil," kata Martinez ketika Radja dilaporkan siap berangkat bersama skuad "bahkan sebagai seorang kiper."

"Alasan Radja tidak masuk skuad murni karena keputusan taktik," kata Martinez kepada para pewarta, dan menambahkan, bahwa hal itu memberinya tambahan beberapa pekan sampai tenggat waktu skuad final FIFA yang akan membuat pemain seperti bek Barcelona Thomas Vermaelen memiliki waktu untuk membuktikan kebugarannya.

Berada di posisi ketiga dalam daftar peringkat dunia dan lapar kesuksesan meski memiliki sejumlah pemain paling berbakat di Eropa, lawan Inggris di Grup G ini akan terbang ke Rusia dengan sejumlah bintang Liga Inggris seperti penyerang Chelsea Eden Hazard dan gelandang Kevin De Bruyne dari tim juara Manchester City.

Penyerang Manchester United Romelu Lukaku juga masuk dalam skuad pendahuluan meski belakangan diganggu masalah cedera, bersama kapten Manchester City yang telah berusia 32 tahun Vincent Kompany di jantung pertahanan.

Di antara wajah-wajah segar yang mendapat kesempatan masuk skuad adalah pemain sayap Adnan Januzaj dari Real Sociedad, dan gelandang Monaco berusia 21 tahun Youri Tielemans.

Skuad sementara timnas Belgia: Kiper: Thibaut Courtois (Chelsea), Simon Mignolet (Liverpool), Koen Casteels (VfL Wolfsburg), Matz Sels (Newcastle United).

Bek: Toby Alderweireld (Tottenham), Christian Kabasele (Watford), Jordan Lukaku (Lazio), Thomas Meunier (Paris Saint-Germain), Thomas Vermaelen (Barcelona), Jan Vertonghen (Tottenham), Laurent Ciman (Los Angeles), Dedryck Boyata (Celtic), Vincent Kompany (Manchester City)

Gelandang: Marouane Fellaini (Manchester United), Axel Witsel (Tianjin Taida), Kevin De Bruyne (Manchester City), Eden Hazard (Chelsea), Nacer Chadli (West Bromwich Albion), Leander Dendoncker (Anderlecht), Thorgan Hazard (Borussia Moenchengladbach), Adnan Januzaj (Real Sociedad), Youri Tielemans (Monaco)

Penyerang: Moussa Dembele (Celtic), Michy Batshuayi (Chelsea/Dortmund), Christian Benteke (Crystal Palace), Yannick Carrasco (Atletico Madrid), Romelu Lukaku (Manchester United), Dries Mertens (Napoli)

ANTARA | REUTERS

Simak berita seputar Piala Dunia 2018 di Teras.id


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT