Liga Champions: Liverpool Tekuk Roma, Nasib Barcelona Menghantui
TEMPO.CO | 25/04/2018 05:27
Liga Champions: Liverpool Tekuk Roma, Nasib Barcelona Menghantui
Pemain Liverpool Mohamed Salah dan Roberto Firmino. (reuters)

TEMPO.CO, Jakarta - Kemenangan 5-2 yang diraih atas AS Roma dalam laga pertama semifinal Liga Champions di Anfield, Rabu dinihari WIB, 25 April 2018, tak membuat Liverpool tenang. Mereka khawatir mengalami nasib sama seperti Barcelona.

Kekhawatiran itu antara lain disampaikan kapten tim Jordan Henderson. "Kami bermain dengan baik dan memenangi pertandingan. Kami akan pergi ke sana dengan keunggulan tiga gol, tetapi itu akan sulit," kata dia. "Seperti yang Anda lihat di babak sebelumnya, mereka melakukan come back saat melawan Barcelona, yang merupakan salah satu tim terbaik di dunia."

Baca: Liga Champions: Liverpool Vs Roma 5-2, Mohamed Salah Cetak Rekor

Dala laga itu, Liverpool mengontrol pertandingan. Mereka unggul lima gol lewat Mohamed Salah (menit ke-36 dan 45), Sadio Mane (56), dan Roberto Firmino (61 dan 69). Namun, di akhir laga mereka menurun sehingga kebobolan oleh gol Edin Dzeko (81) dan gol penalti Deigo Perotti (85).

Kemenangan besar ini memang belum akan membuat Liverpool aman. Dua gol tandang yang dikantongi AS Roma membuat mereka hanya butuh kemenangan 3-0 saat menjamu Liverpool di laga kedua.

Roma punya kemampuan untuk membalikkan keadaan seperti itu. Di babak sebelumnya, mereka sempat dikalahkan Barcelona 1-4 pada laga pertama di Olimpico. Tapi, mereka lolos setelah menang 3-0 di Camp Nou.

Henderson menyatakan timnya akan berjuang agar hal serupa tak terulang. "Ini akan menjadi tantangan yang sangat sulit bagi kami, tetapi kami harus percaya diri setelah performa hari ini," kata dia.

Ia menyayangkan timnya bisa kebobolan dua gol di akhir laga. "Anda tak boleh melakukan hal seperti itu di Liga Champions. Pada 20 menit terakhir kami memberi mereka gol Dzeko, yang membuat kami grogi, saya tak tahu kenapa," kata dia.

Henderson melanjutkan, "Penalti (Roma) juga terasa berlebihan. Saya pikir tangan dia (James Milner) ada di samping badannya. Tapi, kami harus tetap yakin. Itu performa yang baik selama 70 menit."

Liverpool akan kembali melawan AS Roma pada Kamis dinihari pekan depan, 3 Mei 2018. Kali ini kedua tim akan bermain di Olimpico, Roma.

UEFA | SOCCERWAY


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT