Manchester United Sulit Saingi City, Begini Penjelasan Mourinho
TEMPO.CO | 17/03/2018 11:48
Manchester United Sulit Saingi City, Begini Penjelasan Mourinho
Pelatih Manchester United Jose Mourinho, menberi penjelasan pada wartawan usai menghadiri sidang tuduhan soal penipuan pajak di Spanyol di Pozuelo de Alarcon, Spanyol, 2 November 2017. Kepada wartawan Mourinho mengatakan "kasusnya sudah ditutup". AP

TEMPO.CO, Jakarta - Pelatih Jose Mourinho mengklaim akan sulit buat Manchester United untuk bersaing dengan Manchester City, kecuali rivalnya itu mendadak menghentikan investasi dalam soal skuadnya.

Klaim itu disampaikan Mourinho dalam konferensi pers di Stadion Old Trafford, Manchester, Jumat 16 Maret 2018. Dalam acara itu, Mourinho juga disebut berbicara panjang sendirian alias melakukan monolog selama 12,5 menit.

Baca: Manchester United Disingkirkan Sevilla, Apa Dalih Mourinho?

Dalam monolognya itu, Mourinho juga kembali menegaskan ucapan dia sebelumnya bahwa kekalahan 1-2 mereka melawan Sevilla di Old Trafford, Selasa sebelumnya, sehingga mereka tersingkir di 16 besar Liga Champions bukan hal baru buat Manchester United. Hal itu merupakan apa yang disebut Mourinho sebagau warisan kekecewaan sepak bola dari Manchester United di Eropa.

Setelah menceritakan setiap aksi Manchester United di kejuaraan antarklub Eropa sejak mereka mencapai final Liga Champions 2011, Mourinho mengalihkan pembicaraannya ke kiprah United di liga domestik dan membandingkan catatan mereka yang tidak sebanding dengan Manchester City.

City asuhan pelatih Pep Guardiola kini memimpin klasemen Liga Primer Inggris dengan unggul 16 poin dari United. Tim asuhan Guardiola itu bisa memastikan gelar juaranya saat berhadapan dengan pasukan Mourinho pada April 2018.

Ketika ditanya apakah mereka bisa bersaing dengan City musim depan berkaitan dengan warisan sepak bola tersebut, Mourinho menjawab United tidak siap untuk menang. Ia mengklaim kemampuan City dalam melakukan investasi pemain akan menyulitkan mereka untuk bersaing.

Baca juga: Kalah Dari Sevilla, Mourinho Minta Uang Lagi ke Manchester United

“Jika klub itu, yang berada dalam situasi lebih baik dari kami, menghentikan investasi dan kami melakukan investasi, kami bisa bersaing. Jika mereka terus melakukan investasi yang sama atau lebih dari kami, akan sulit. Sesederhana itu,” kata Mourinho.

United menghabiskan 286 juta pound sterling atau sekitar Rp 5,47 triliun dalam bursa transfer pemain sejak Mourinho datang ke Old Trafford dalam musim panas 2016. Guardiola terpilih sebagai manajer City di Stadion Etihad, Manchester, pada saat yang sama dan menghabiskan 448 juta pound di bursa transfer.

Tapi, Mourinho menilai peluang City merebut gelar musim ini tidak hanya karena uang digelontorkannya dalam musim ini, tapi juga karena investasi yang dilakukan sebelum kedatangan Guardiola.

“(Nicolas) Otamendi, Kevin De Bruyne, Fernandinho, (David) Silva, (Raheem) Sterling, (Sergio) Aguero. Mereka berinvestasi dari masa lalu, tidak cuma dalam dua tahun terakhir,” kata Mourinho.

INDEPENDENT | GUARDIAN

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT