Kualifikasi Piala Dunia 2022: Jerman Keok, Timo Werner Jadi Sorotan
TEMPO.CO | 01/04/2021 11:35
Gelandang Jerman Ilkay Gundogan, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Makedonia Utara dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia zona Eropa grup J di MSV-Arena, Duisburg, Jerman, 1 April 2021. REUTERS/Wolfgang Rattay
Gelandang Jerman Ilkay Gundogan, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Makedonia Utara dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia zona Eropa grup J di MSV-Arena, Duisburg, Jerman, 1 April 2021. REUTERS/Wolfgang Rattay

TEMPO.CO, Jakarta - Penyerang Timo Werner mendapatkan kritikan tajam setelah Jerman kalah 1-2 Makedonia Utara pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 dinihari tadi. Werner membuang kesempatan emas untuk mencetak gol pada laga itu saat skor pertandingan masih 1-1.

Werner mendapatkan peluang emas pada menit ke-79 untuk mencetak gol melalui serangan balik. Menerima umpan silang mendatar dari Ilkay Gundogan, Timo yang tak terkawal tak mampu menghantam bola dengan kaki kirinya. Bola justru mengenai kaki kanannya dan akhirnya keluar lapangan.

Enam menit berselang gawang Jerman kebobolan lewat Eljif Elmas. Skor 2-1 pun menutup pertandingan itu dan mengakhiri rekor 35 laga tak terkalahkan Jerman di Kualifikasi Piala Dunia.

Pelatih Jerman, Joachim Low, menyayangkan kegagalan penyerang yang bermain untuk Chelsea itu. Menurut dia, peluang itu seharusnya menjadi gol jika saja Werner bisa mengeksekusi bola dengan sempurna.

"Dia seharusnya bisa menendang bola itu, tak ada pertanyaan lagi," kata Low usai pertandingan.

"Tetapi dia tak menembak bola dengan tepat, jika dia membuat kontak bersih dengan bola, itu akan menjadi gol."

Baca: Kualifikasi Piala Dunia 2022, Joachim Low Sebut Pemainnya Kelelahan

Gundogan yang memberikan umpan pun sangat menyayangkan kegagagalan Werner tersebut. Akan tetapi dia menyatakan bahwa merkea harus terus menatap ke depan.

"Saya sangat kasihan kepada Timo. Dialah yang sangat ingin menciptakan gol," kata gelandang yang bermain di Manchester City tersebut.

"Kami tak memiliki pilihan selain terus menatap ke depan. Kami semua tahu kekalahan seperti itu seharusnya tak terjadi kepada kami."

"Itu bukan kami yang memutuskan. Kekalahan itu juga tak bisa dijelaskan. Tetapi itulah adanya, kami harus menerima apa adanya."

Kekalahan itu membuat Jerman untuk sementara berada di posisi ketiga klasemen Grup J Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa dengan perolehan enam angka dari tiga laga. Timnas Makedonia Utara di posisi kedua dengan perolehan angka sama sementara puncak klasemen ditempati Armenia yang sukses mengumpulkan angka sempurna 9 dari tiga laga.

METRO


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT