Prediksi Atletico Madrid Vs Chelsea di Liga Champions, Ujian Berat Thomas Tuchel
TEMPO.CO | 23/02/2021 08:48
Aksi pemain Atletico Madrid, Diego Costa saat menjebol gawang Arsenal dalam laga leg kedua semi final Liga Eropa di Wanda Metropolitano, Madrid, 3 Mei 2018. Satu-satunya gol kemenangan Atletico dicetak oleh Diego Costa. Mantan striker Chelsea ini mampu me
Aksi pemain Atletico Madrid, Diego Costa saat menjebol gawang Arsenal dalam laga leg kedua semi final Liga Eropa di Wanda Metropolitano, Madrid, 3 Mei 2018. Satu-satunya gol kemenangan Atletico dicetak oleh Diego Costa. Mantan striker Chelsea ini mampu memanfaatkan umpan Antoine Grizmann menjadi gol pada menit ke-45 2. REUTERS/Sergio Perez

TEMPO.CO, Jakarta - Laga Liga Champions antara Atletico Madrid vs Chelsea akan digelar pada Rabu dinihari nanti. Manajer anyar Chelsea, Thomas Tuchel menghadapi ujian berat perdananya.

Dalam konferensi persnya, Tuchel pun mengakui bahwa ini merupakan ujian berat baginya. Dia menilai Atletico Madrid merupakan tim yang memiliki lebih memiliki pengalaman di Liga Champions.

"Ini ujian besar. Mereka klub yang berpengalaman di tingkat ini, memiliki pelatih yang berpengalaman. Semoga itu mendorong kami mengeluarkan yang terbaik," kata Tuchel dalam konferensi pers.

"Kami akan bermain dengan cara kami, mereka akan bermain dengan cara mereka. Jelas apa yang Anda dapatkan ketika Anda menghadapi Atletico, tim yang bertarung dan berpengalaman dengan mentalitas baik."

Baca: Jadwal Liga Champions Pekan Ini: Ada 4 Pertandingan, 2 Live di SCTV

Sejak menggantikan Frank Lampard, Tuchel mendapatkan awalan yang baik. Di kompetisi domestik, dia membawa Chelsea tak terkalahkan dalam tujuh laga terakhir. Lima kemenangan dan dua hasil imbang menjadi catatan impresif Tuchel sejauh ini.

Selain itu, Tuchel juga tampak mampu membuat Chelsea lebih memiliki keseimbangan saat ini. Dari tujuh laga itu, gawang Chelsea tercatat hanya kebobolan dua gol meskipun mereka juga belum pernah menang dengan skor besar.

Akan tetapi dari tujuh laga itu, Tuchel praktis belum menemui lawan yang benar-benar kuat. Satu-satunya lawan yang bisa dianggap sepadan dengan Chelsea hanya Tottenham Hotspur. Itu pun dengan catatan Chelsea menghadapi skuad asuhan Jose Mourinho yang performanya tengah terpuruk.

Karena itu, laga melawan Atletico Madrid dinihari nanti bisa dianggap sebagai ujian besar bagi Thomas Tuchel. Suporter Chelsea tentu berharap banyak kepada pelatih asal Jerman yang musim lalu membawa PSG ke final Liga Champions tersebut.

Bagi Tuchel laga ini juga akan menjadi pertama kalinya dia beradu strategi dengan Diego Simeone. Meskipun telah malang merintang di kancah sepak bola Eropa bersama Borussia Dortmund dan PSG, dia ternyata belum sekalipun menghadapi Atletico Madrid yang dalam satu dekade terakhir ditangani Simeone.

Dari segi pengalaman, Simeone lebih unggul. Dia pernah dua kali membawa Atletico Madrid mencapai partai puncak Liga Champions meskipun dua kali pula dikalahkan rival sekotanya, Real Madrid.

Simeone bahkan pernah dua kali membawa Atletico Madrid menjuarai Liga Europa pada musim 2011-2012 dan 2017-2018 plus dua Piala Super Eropa, salah satunya dengan mengalahkan Chelsea pada 2012. Sementara Thomas Tuchel hanya memiliki koleksi gelar juara di kompetisi domestik Prancis.

Di kompetisi domestik, Atletico Madrid memang lebih meyakinkan dengan memuncaki klasemen Liga Spanyol saat ini, akan tetapi di Liga Champions Chelsea tampak lebih baik.

The Blues tercatat belum terkalahkan musim ini dengan rekor empat kemenangan dan dua kali imbang untuk menjadi juara Grup E babak penyisihan. Atletico Madrid di sisi lain hanya lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup A setelah sempat dibungkam Bayern Munchen 0-4 dan hanya meraih dua kemenangan dan tiga kali imbang.

Baca juga: Prediksi Atletico Madrid vs Chelsea di Liga Champions Rabu Dinihari, Live SCTV

Hal lain yang membuat Thomas Tuchel dan Chelsea bisa sedikit diunggulkan adalah karena Atletico Madrid tak akan tampil dengan skuad terbaiknya. Simeone masih tak bisa memainkan Jose Maria Gimenez dan Yannick Carrasco karena cedera sementara Hector Herrera absen karena masih harus menjalani isolasi mandiri setelah divonis positif Covid-19.

Kehilangan sejumlah pemain tersebut membuat Atletico Madrid sedikit limbung. Pada akhir pekan kemarin mereka dikalahkan Levante 0-2 di Liga Spanyol.

Sebaliknya, Chelsea hanya akan kehilangan Thiago Silva. Kai Havertz dan Christian Pulisic yang sempat mengalami cedera sengaja tak diturunkan Tuchel pada laga kontra Southampton akhir pekan kemarin. Keduanya kemungkinan besar akan kembali bermain pada laga malam ini.

Selain itu Tuchel juga sedikit diuntungkan karena laga ini akan digelar di tempat netral, National Stadium, Rumania. Hal itu terjadi karena Spanyol melakukan pelarangan kedatangan orang dari Inggris.

Dengan hal positif dan negatif dari kedua tim di atas, maka bisa dipastikan laga Liga Champions antara Atletico Madrid vs Chelsea dinihari nanti akan berjalan dengan sengit. Laga ini akan berlangsung pada Rabu diniharai 24 Februari 2021 pukul 03.00 WIB dan disiarkan secara langsung oleh SCTV.

TRANSFERMARKT| UEFA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT