Liga Europa, Solskjaer Bongkar Strategi Man Utd Untuk Kalahkan Real Sociedad 4-0
TEMPO.CO | 19/02/2021 11:29
Gaya pemain Manchester United, Bruno Fernandes saat berselebrasi usai menjebol gawang Real Sociedad dalam leg pertama babak 32 besar Liga Europa di Stadion Allianz, Italia, 18 Februari 2021. Manchester United menang telak atas Real Sociedad dengan skor 4-
Gaya pemain Manchester United, Bruno Fernandes saat berselebrasi usai menjebol gawang Real Sociedad dalam leg pertama babak 32 besar Liga Europa di Stadion Allianz, Italia, 18 Februari 2021. Manchester United menang telak atas Real Sociedad dengan skor 4-0. REUTERS/Massimo Pinca

TEMPO.CO, Jakarta - Manajer Man Utd Ole Gunnar Solskjaer membongkar strategi yang dia gunakan untuk mengalahkan Real Sociedad 4-0 pada laga pertama babak 32 besar Liga Europa dinihari tadi. Dia menyatakan sudah menduga permainan Sociedad sebelumnya.

Solskjaer menyatakan bahwa Manchester United memang sengaja untuk tak bermain terbuka pada laga itu. Dia telah menduga bahwa Real Sociedad akan mencoba menekan mereka dengan mendorong lini pertahanan hingga ke garis tengah lapangan.

Hal itu, menurut Solskjaer, menguntungkan bagi Manchester United yang memiliki pemain berkecepatan tinggi seperti Marcus Rashford dan Daniel James. Apalagi dia menilai tak ada pemain lini belakang Real Sociedad yang mampu mengimbangi kecepatan kedua pemain itu.

"Kami berbicara sebelum pertandingan bahwa kami harus mengembalikan jati diri kami. Tak menyerang secara terbuka, tetapi menyerang dengan cepat," kata Solskjaer seperti dilansir laman resmi Manchester United.

"Melihat dimana ada kesempatan dan kami tahu ini adalah laga tandang meskipun di tempat netral. Kami tahu gol akan menguntungkan kami,"

"Jadi, kenapa kami tak mengambil resiko dengan menyerang dan memberi ruang di belakang? Kami tahu mereka akan mendorong lini pertahanan mereka dan tak ada pemain mereka yang memiliki kecepatan seperti Marcus (Rashford) dan Dan (Daniel James), jadi kami mengincar ruang di lini pertahanan mereka."

Solskjaer mengakui Manchester United tak bermain konsisten belakangan. Meskipun demikian, dia menilai mereka mulai kembali menemukan faktor x yang hilang dalam beberapa laga terakhir.

Baca: Liga Europa, Ini Kunci Manchester United Lumat Real Sociedad 4-0

"Kami merasa ada kemajuan yang kami sedang kerjakan, kami terus belajar. Musim ini kami sedikit inkonsisten. Kami tak mampu menang belakangan ini, tetapi saya melihat faktor x, saya rasa kami kembali mendapatkannya hari ini," kata manajer asal Norwegia itu.

"Kami bermain baik, kami lebih tajam di depan gawang meskipun kami sempat gagal memanfaatkan peluang sebelum mencetak gol pertama. Jelas, ketika babak kedua, permainan menjadi lebih terbuka dan kami mendapatkan banyak ruang."

Secara statistik, Real Sociedad memang unggul dalam penguasaan bola. David Silva cs menguasai 60 persen bola, akan tetapi Manchester United tampak lebih efektif.

Skuad asuhan Ole Gunnar Solskjaer berhasil melakukan 13 tembakan dengan 10 diantaranya mengarah ke gawang sementara Sociedad hanya melakukan delapan tembakan dan dua mengarah ke gawang.

Hal itu membuat Manchester United sempat kesulitan pada babak pertama. Mereka hanya unggul 1 gol lewat Bruno Fernandes pada menit ke-27.

Baru pada babak kedua Manchester United mampu menyarangkan tiga gol. Fernandes membuka pesta gol United pada babak kedua pada menit ke-57 disusul oleh Marcus Rashford tujuh menit berselang. Daniel James melengkapi kemenangan timnya dengan satu gol pada menit-menit akhir pertandingan.

Kemenangan 4-0 itu membuat Man Utd sangat diunggulkan untuk melaju ke babak 16 besar Liga Europa. Mereka akan menjamu Real Sociedad di Stadion Old Trafford pada laga kedua pekan depan.

MANUTD


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT