Bos Manchester United Mengaku Terus Mengikuti Kemajuan Erling Haaland
TEMPO.CO | 14/02/2021 08:44
Pemain Borussia Dortmund Erling Braut Haaland dihadang oleh pemain Bayern Munchen David Alaba saat bertanding dalam Bundes Liga di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, 26 Mei 2020. Federico Gambarini/Pool via REUTERS
Pemain Borussia Dortmund Erling Braut Haaland dihadang oleh pemain Bayern Munchen David Alaba saat bertanding dalam Bundes Liga di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, 26 Mei 2020. Federico Gambarini/Pool via REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Bos Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer mengatakan ia terus mengikuti perkembangan Erling Haaland yang kini bermain untuk klub Bundesliga, Borussia Dortmund. Pelatih asal Norwegia itu meyakini pemain yang pernah dilatihnya di Molde itu akan memiliki karier fantastis.

Haaland telah telah berkembang menjadi salah satu penyerang paling produktif di dunia setelah mencetak 39 gol dalam 41 pertandingan untuk Dortmund sejak bergabung dari Red Bull Salzburg pada akhir 2019.

Ole Gunnar Solskjaer yang melatih Haaland selama menangani klub Norwegia Molde, dikabarkan bertemu dengan pemain berusia 20 tahun itu sebelum pindah ke Jerman setelah kepala pencari bakat United, Marcel Bout menyaksikannya bermain melawan Liverpool di Liga Champions musim lalu.

Menurut Sky Sports News, saat itu United berminat mendatangkannya. Mereka telah memenuhi klausul pelepasan Haaland senilai 20 juta euro tetapi tidak dapat menyetujui persyaratan transfer dengan batu sandungan yang diyakini sebagai nilai dari opsi pembelian yang diminta jika pemain internasional Norwegia itu pindah ke Old Trafford.

Baca juga: Dapat Penghargaan Golden Boy 2020, Harga Erling Haaland Meroket

Pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. REUTERS/Toby Melville

Ditanya apakah kedekatannya dengan Haaland akan membantu United untuk bersaing mendapatkan tanda tangannya, Solskjaer mengatakan kepada surat kabar Norwegia VG: "Saya cukup yakin Erling akan memiliki karier yang fantastis dan saya selalu mengatakan itu. Saya mengikuti Erling dengan cermat. Kami menghabiskan waktu bersama 18 bulan atau sekitar itu, mungkin hampir dua tahun. Itu waktu yang fantastis."

"Dia pasti akan mempunyai karier yang sangat baik untuk Norwegia dan klubnya. Dia melakukannya dengan sangat baik untuk Dortmund, jadi kita harus melihat di mana dia akan berakhir. Sebagai orang Norwegia dan seseorang yang telah bekerja dengannya, tentu saja senang melihat dia melakukannya dengan sangat baik."

Haaland saat ini terikat kontrak di Dortmund hingga 2024. Namun, dia dilaporkan mempunyai klausul pelepasan 75 juta euro atau setara 66 juta pound sterling yang akan mulai berlaku musim panas 2022.

Sejumlah klub papan atas Eropa telah dikaitkan dengan kepindahan Haaland, termasuk rival Liga Inggris United yaitu Chelsea dan Manchester City, serta klub raksasa Liga Spanyol Real Madrid dan Barcelona.

"Kami akan melakukan yang terbaik untuk menjadi tim yang lebih baik, dan dia akan melakukan yang terbaik untuk menjadi pemain yang lebih baik, tetapi di mana dia akan berakhir? Saya tidak ingin mengatakan apa pun selain mengharapkan yang terbaik untuknya. Pilihan akhir yang dia putuskan terserah kepadanya," kata Solskjaer menambahkan.

Manchester United sebelumnya sangat ingin mendapatkan tanda tangan Erling Haaland sebelum pemain internasional Norwegia itu bergabung dengan Borussia Dormund pada Januari 2019. Namun, pinangan tim Setan Merah ditolak, salah satu alasannya, sang ayah, Alf-Inge Haaland, mantan pemain Manchester City, menyarankannya untuk memilih klub yang bagus untuk perkembangan pemain karena masih membutuhkan waktu untuk bermain di klub besar.

SKY SPORTS | EXPRESS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT