Everton vs Tottenham Hotspur, Mourinho: Dele Alli Bisa Jadi Pemain Pengganti
TEMPO.CO | 10/02/2021 06:34
Gelandang Tottenham Hotspur Dele Alli, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Burnley dalam pertandingan Liga Inggris di Turf Moor, Burnley, 8 Maret 2020. Tottenham Hotspur ditahan imbang Burnley 1-0.  Action Images via Reuters/Lee Smith
Gelandang Tottenham Hotspur Dele Alli, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Burnley dalam pertandingan Liga Inggris di Turf Moor, Burnley, 8 Maret 2020. Tottenham Hotspur ditahan imbang Burnley 1-0. Action Images via Reuters/Lee Smith

TEMPO.CO, Jakarta - Bos Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, mengatakan Dele Alli bakal dilibatkan dalam pertandingan putaran kelima Piala FA melawan Everton di Goodison Park pada Kamis dinihari WIB. Gelandang Inggris itu telah kembali berlatih bersama dengan anggota skuad yang lain pada Senin lalu.

Pemain berusia 24 tahun itu santer dikabarkan bakal pindah ke Paris Saint-Germain untuk bersatu kembali dengan mantan bos Tottenham Mauricio Pochettino pada bursa transfer musim dingin lalu setelah jarang dimainkan di bawah Mourinho, tetapi kepindahan itu tidak terwujud. Kini, setelah pulih dari cedera tendon, Alli siap untuk diintegrasikan kembali.

Menurut Mourinho, Dele Alli berlatih dengan baik bersama tim. Sebelumnya, sang gelandang beberapa pekan tidak ikut latihan karena menjalani pemulihan cederanya.

"Bisakah dia bermain besok (Rabu)? Dia tidak cedera tetapi saya tidak yakin dia bisa. Bisakah dia membantu kami? Saya yakin dia bisa memiliki Dele di bangku cadangan untuk masuk selama beberapa menit membantu tim," kata Jose Mourinho.

Dia menambahkan: "Apakah itu mungkin? Saya harus berbicara dengannya, tetapi saya yakin dia bisa."

Alli tampil terakhir kali dalam kemenangan tandang di putaran ketiga Piala FA melawan Marine. Sementara itu, dia baru sekali bermain di Liga Inggris musim ini.

Pekan lalu, Mourinho mengatakan dia telah menemukan kesesuaian dengan Alli setelah melakukan pembicaraan dengan gelandang itu.

Baca juga: Jose Mourinho Ajak Bicara Dele Alli yang Gagal Pindah dari Tottenham ke PSG

Saat ditanya apa yang mengubah pikiran Mourinho tentang keterlibatan Alli, pelatih asal Portugal itu menjawab: "Tidak ada yang berubah. Dia tidak cedera, dia bisa berlatih dengan tim. Dia melalui proses pemulihan bersama orang-orang dari sports science selama tidak latihan, dan kemudia melompat untuk kerja tim, itu yang dia lakukan kemarin untuk pertama kalinya."

"Yang mungkin berubah adalah spekulasi di sekitarnya karena saat ini semua orang tahu dia adalah pemain Tottenham, bahwa dia tetap di sini dan tidak pergi ke mana pin. Mungkin akhir spekulasi menjadi akhir dari pertanyaan."

"Dia bisa berlatih, mencoba membantu tim, karena inilah yang kami inginkan dan butuhkan. Kami membutuhkan pemain untuk membantu tim dan semoga dia bisa melakukan itu."

Mourinho menambahkan, jika dalam situasi normal, Dele Alli mungkin tidak dipertimbangkan untuk bermain pada pertandingan melawan Everton besok. Namun, dengan sejumlah pemain inti yang cedera dan banyak jadwal pertandingan yang harus dijalani, proses kembalinya pemain 24 tahun itu ke lapangan dipercepat.

"Mungkin kami bisa tetapi saya ingin dia sepenuhnya mendukung dan setuju. Itu tergantung perasaannya. Jika dia bisa berada di bangku cadangan besok dan masuk selama 10-15 menit untuk membantu tim, itu akan bagus bagi kami," kata Mourinho.

Setelah bermain di Everton untuk putaran kelima Piala FA, Tottenham Hotspur akan laga berat di Liga Inggris, bertanding di markas pemuncak klasemen, Manchester City pada Minggu dinihari WIB, 14 Februari 2021.

SKY SPORTS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT