Persipura Jayapura Terancam Absen di Piala AFC 2021, PSSI Turun Tangan
TEMPO.CO | 28/01/2021 22:43
Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tommy Mano menunjukkan jersey tim untuk musim ini. (ANTARA / Alfian Rumagit)
Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tommy Mano menunjukkan jersey tim untuk musim ini. (ANTARA / Alfian Rumagit)

TEMPO.CO, Jakarta - PSSI berjanji akan mencari solusi terkati masalah keikutsertaan Persipura Jayapura di ajang Piala AFC 2021. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan akan segera berkomunikasi dengan para petinggi Persipura.

"Dalam situasi pandemi COVID-19 dengan ketidakpastian yang cukup tinggi seperti saat ini, yang bisa dilakukan PSSI adalah berkomunikasi dengan para anggotanya termasuk Persipura," ujar Iriawan kepada Antara di Jakarta, Kamis.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menambahkan, PSSI ingin mengetahui kendala yang dihadapi Persipura untuk berpartisipasi di Piala AFC 2021. Dia juga memastikan bahwa PSSI tidak akan meninggalkan begitu saja anggotanya yang mengalami kesulitan.

"Bersama-sama kami akan mencarikan solusi terbaiknya seperti apa," ujar Iriawan.

Sebelumnya Persipura Jayapura disebut belum dapat memastikan kapan mereka akan menyiapkan tim untuk berlaga di babak kualifikasi Piala AFC 2021 pada 19 Mei 2021. Mereka telah membubarkan skuatnya sejak awal Januari 2021 karena permasalahan sponsor, imbas dari tidak berjalannya Liga 1 setelah dihantam pandemi COVID-19.

Baca: Hadapi Piala AFC, Bali United Akan Kembali Gelar Latihan Bulan Depan

Manajemen tim yang sudah empat kali juara Liga Indonesia ini menyebut bahwa mereka tidak memiliki cukup dana untuk membiayai operasional tim.

Padahal mereka merupakan satu dari dua wakil Indonesia di ajang Piala AFC 2021. Persipura dijadwalkan menjalani pertandingan fase kualifikasi pada 19 Mei 2021.

Mereka akan menghadapi pemenang dari laga antara Visakha FC (Kamboja) versus Lalenok United FC (Timor Leste) yang berlangsung 28 April 2021.

Jika berhasil menaklukkan lawannya, Persipura berhak mengisi satu slot di Grup H yang telah diisi oleh Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura) dan Saigon FC (Vietnam).

Selain Persipura Jayapura, Indonesia juga diwakili oleh juara Liga 1 Indonesia 2019 Bali United di Piala AFC 2021. Skuad asuhan Stefano Cuggura akan menghuni Grup G bersama juara lima kali Liga Vietnam Hanoi FC, juara Liga Kamboja 2020 Boueng Ket dan tim pemenang babak kualifikasi (playoff) I.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT