Prediksi Manchester City Vs Aston Villa, Jalan Menuju Puncak Klasemen
TEMPO.CO | 20/01/2021 11:54
Prediksi Manchester City Vs Aston Villa, Jalan Menuju Puncak Klasemen
Prediksi Manchester City Vs Aston Villa, Jalan Menuju Puncak Klasemen

TEMPO.CO, Jakarta - Laga Liga Inggris antara Manchester City vs Aston Villa akan berlangsung pada Kamis dinihari nanti. Skuad asuhan Pep Guardiola mengincar kemenangan keenam secara beruntun untuk meraih puncak klasemen Liga Inggris.

Manchester City bisa dianggap tengah dalam puncak performanya saat ini dengan meraih lima kemenangan secara beruntun di Liga Inggris. Jika dihitung di semua kompetisi, mereka total telah meraih delapan kemenangan secara beruntun.

Rentetan hasil positif itu membuat The Citizens kini menempati posisi ketiga klasemen Liga Inggris dengan perolehan 35 angka dari 17 laga. Mereka berpeluang memuncaki klasemen karena hanya berjarak tiga angka dari Leicester City yang sudah memainkan 19 laga.

Tim tamu Aston Villa sementara ini menempati posisi ke-11 dengan perolehan 26 angka dari 15 laga. Sejumlah laga skuad asuhan Dean Smith sempat ditunda setelah merebaknya Covid-19 di tim mereka.

Terakhir kali mereka berlaga adalah saat menghadapi Liverpool di ajang Piala FA. Aston Villa menderita kekalahan 1-4 saat itu. Laga terakhir mereka di Liga Inggris adalah pada 1 Januari lalu, saat itu mereka menyerah 1-2 dari Manchester United di Stadion Old Trafford.

Dari sisi pertemuan kedua tim, Manchester City jelas jauh lebih unggul. Kedua tim pernah bertemu sebanyak 40 kali dengan City meraih 24 kemenangan sementara Villa hanya tujuh kemenangan, sembilan laga lainnya berakhir imbang.

Kemenangan terakhir Villa terjadi pada musim 2013-2014. Setelah itu, City sukses memenangkan delapan pertemuan kedua tim dan satu laga lainnya berakhir imbang.

Berikut hasil pertandingan 5 laga terakhir Manchester City vs Aston Villa di Liga Inggris:

2019-2020 - Villa vs Man City - 1-6
2019-2020 - Man City vs Villa - 3-0
2015-2016 - Man City vs Villa - 4-0
2015-2016 - Villa vs Man City - 0-0
2014-2015 - Man City vs Villa - 3-2

Manchester City dipastikan masih tak akan diperkuat oleh penyerang Sergio Aguero. Pesepakbola asal Argentina tersebut masih menjalani isolasi setelah dinyatakan positif Covid-19.

Musim ini Aguero bahkan baru bermain sebanyak lima kali di Liga Inggris karena sempat mengalami cedera di awal musim.

Absennya Aguero terbukti bisa diatasi dengan baik oleh Guardiola. Lini depan mereka tak kekurangan ketajaman karena Raheem Sterling, Phil Foden, Ilkay Gundogan hingga Riyad Mahrez dan Ferran Torres terbukti mampu menjebol gawang lawan.

Yang terpenting bagi Manchester City adalah bermainnya gelandang Kevin De Bruyne. Pesepakbola asal Belgia itu merupakan pemain terpenting bagi Manchester City dengan telah mencetak 10 assist musim ini. Pada laga kontra Crystal Palace akhir pekan kemarin, De Bruyne mencetak assist ke-100-nya bagi The Citizens.

Baca: Manchester City Vs Aston Villa, Guardiola Minta John Stones Jaga Konsistensi

Duet bek tengah John Stones dan Ruben Dias yang terbukti menjadi tembok pertahanan tangguh di depan gawang Ederson Moraes juga dipastikan bisa kembali bermain. Kabar baik bagi Guardiola adalah karena Rodri, Joao Cancelo dan Benjamin Mendy dapat kembali bermain setelah pulih dari cedera.

Sementara Dean Smith justru disebut mengalami masalah untuk menentukan susunan pemainnya untuk laga itu. Meskipun sebagian besar pemainnya disebut telah dinyatakan negatif dari Covid-19, Smith harus memperhitungkan kondisi kebugaran mereka.

Gelandang Jack Grealish salah satu yang disebut diragukan kebugarannya. Padahal Grealish merupakan pemain terbaik Aston Villa saat ini dengan terlibat dalam 12 gol dalam 15 laga mereka. Pentingnya peran Grealish diprediksi membuat Smith kemungkinan akan memaksakan si pemain tampil.

Smith masih akan kehilangan pemain sayap Trezeguet yang masih dinyatakan positif Covid-19. Sementara gelandang Ross Barkley juga akan absen karena cedera hamstring.

Berikut prediksi susunan pemain laga Manchester City vs Aston Villa:

Manchester City (4-3-3): Ederson; Cancelo, Stones, Dias, Mendy; De Bruyne, Rodri, Gundogan; Mahrez, Sterling, Foden

Aston Villa (4-2-3-1): Martinez; Cash, Konsa, Mings, Targett; Luiz, McGinn; El Ghazi, Barkley, Grealish; Watkins



Kunci kebangkitan Manchester City saat ini terletak dari kuatnya lini pertahanan mereka. Buktinya, gawang Ederson Moraes saat ini baru kebobolan 13 gol. Hal itu membuat City layak menyandang predikat sebagai tim dengan pertahanan terbaik di Liga Inggris saat ini.

Dalam sembilan laga terakhir di Liga Inggris, City tercatat hanya kebobolan dua gol.

Catatan itu tentu menjadi hal positif untuk menghadapi lini depan Villa yang lumayan tajam. Jack Grealish cs tak pernah absen mencetak gol dalam lima laga terakhirnya meskipun harus menderita dua kekalahan dan satu kali imbang, dua laga lainnya berakhir dengan kemenangan.

Satu hal yang harus menjadi perhatian Guardiola adalah serangan balik Villa yang terkenal berbahaya. Dia harus memastikan timnya langsung menekan setiap pemain Villa ketika mereka kehilangan bola.

Baca: Manchester City Vs Aston Villa, Dua Eks Pemain Liverpool Jagokan Sterling Cs

Meskipun demikian, kecepatan yang dimiliki Stones, Dias, Cancelo dan Mendy diprediksi akan bisa mengimbangi para pemain cepat Aston Villa seperti Ollie Watkins, Jack Grealish dan Anwar El Ghazi. Mantan punggawa Liverpool, Michael Owen, bahkan memprediksi Manchester City akan meraih kemenangan meyakinkan 3-0.

Laga Liga Inggris antara Manchester City vs Aston Villa akan berlangsung pada Kamis dinihari nanti pukul 01.00 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh MolaTV.

MANCHESTER EVENING NEWS| SPORT MOLE| TRANSFERMARKT


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT