Lionel Messi Dapat Kartu Merah, Bos Barcelona Menolak Berkomentar Soal Wasit
TEMPO.CO | 18/01/2021 07:48
Ronald Koeman. REUTERS
Ronald Koeman. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Bos Barcelona, Ronald Koeman menolak berkomentar soal wasit Jesus Gil Manzano yang memimpin final Piala Super Spanyol dalam pertandingan melawan Athleltic Bilbao.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion La Cartuja, Sevilla, Senin dinihari WIB, 18 Januari 2021 itu, Barca kalah 3-2 dari Bilbao. 

Baca juga: Hasil Piala Super Spanyol: Barcelona vs Athletic Bilbao 2-3, Messi Kartu Merah

Lionel Messi dikeluarkan dari lapangan pada menit-menit terakhir perpanjangan waktu karena melakukan pelanggaran terhadap Asier Villalibre. Wasit memberinya kartu merah setelah memeriksa tayangan VAR (video asisten wasit).

"Lebih baik jika saya tidak berbicara," kata Koeman saat ditanya soal wasit usai pertandingan.

"Itu hanya akan mengulangi hal-hal yang saya tidak suka lakukan. Saya tidak akan memberikan pendapat saya."

"Saya mengerti apa yang (Messi) lakukan (diberi kartu merah)."

Penyerang Barcelona Lionel Messi, diganjar kartu merah oleh wasit Jesus Gil Manzano saat melawan Atletic Bilbao dalam pertandingan final Piala Super Spanyol di Estadio La Cartuja de Sevilla, Seville, 18 Januari 2021. REUTERS/Marcelo Del Pozo

Ronald Koeman menambahkan: "Saya tidak tahu berapa banyak pelanggaran yang mereka lakukan terhadapnya. Dia mencoba menggiring bola dan tidak bisa."

"Apakah saya memaafkannya? Saya perlu melihat kejadiannya."

Sebelum pertandingan, muncul banyak spekulasi mengenai Messi. Apakah pemain internasional Argentina itu dalam kondisi fit untuk bermain setelah absen di semifinal karena cedera.

"Setelah bertahun-tahun, dia tahu kapan dia bisa bermain dan kapan tidak bisa," kata Koeman saat membela pilihan Messi di starting line-up. "Dia memutuskan untuk bermain dan hanya itu."

Salah satu kelemahan Barcelona adalah memberikan tendangan bebas melebar dan gol Villalibre yang membuat kedudukan kembali imbang yang membuat pertandingan harus ditambah perpanjangan waktu.

Pemain Athletic Bilbao, Iker Muniain, mengangkat piala saat merayakan keberhasilannya meraih gelar Piala Super Spanyol usai berhasil kalahkan Barcelona dalam pertandingan final Piala Super Spanyol di Estadio La Cartuja de Sevilla, Sevilla, 18 Januari 2021. Athletic Bilbao kalahkan Barcelona 3-2. Pablo Garc’a/RFEF/Handout via REUTERS

Sebelum pertandingan, Koeman telah mengatakan bahwa memenangkan trofi akan menjadi langkah bagus dalam perkembangan Barcelona sebagai tim. Namun, kegagalan mereka di final Piala Super Spanyol ini bukanlah kemunduran.

"Ini bukan langkah mundur," ujarnya. "Sebuah trofi menunjukkan bahwa Anda berada di jalur yang benar. Kami akan menunjukkan bahwa kami masih di jalur yang benar."

"Kami melakukan segalanya untuk memenangkan pertandingan, kedua tim sangat lelah."

Pertandingan berikutnya, Barcelona akan bertanding di babak 32 besar Copa del Rey di Cornella pada Jumat dinihari WIB, 22 Januari 2021.

MARCA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT