Real Madrid Vs Athletic Bilbao 1-2, Los Blancos Dirugikan VAR
TEMPO.CO | 15/01/2021 08:37
Pemain Real Madrid Sergio Ramos dalam laga semifinal Piala Super Spanyol melawan Athletic Bilbao, Jumat dinihari WIB, 15 Januari 2021. REUTERS/Jon Nazca
Pemain Real Madrid Sergio Ramos dalam laga semifinal Piala Super Spanyol melawan Athletic Bilbao, Jumat dinihari WIB, 15 Januari 2021. REUTERS/Jon Nazca

TEMPO.CO, Jakarta - Laga semifinal Piala Super Spanyol antara Real Madrid vs Athletic Bilbao berakhir dengan skor 1-2. Kubu Los Blancos dirugikan VAR karena tak mendapatkan penalti setelah pemain Bilbao Unai Nunez menyentuh bola dengan tangannya di kotak penalti sendiri.

Media Spanyol Marca menyebutkan bahwa Real Madrid layak mendapatkan penalti pada menit-menit akhir pertandingan. Nunez menyentuh bola dengan tangannya ketika berduel dengan Marco Asensio. Saat itu Real Madrid sudah tertinggal 1-2.

Insiden tersebut luput dari perhatian wasit sehingga permainan pun dilanjutkan. Wasit baru menghentikan pertandingan setelah Sergio Ramos terjatuh di kotak penalti Bilbao beberapa detik kemudian.

Wasit pun sempat melihat tayangan ulang (VAR) untuk menentukan apakah Real Madrid layak mendapatkan penalti. Sayangnya tayangan ulang itu difokuskan pada insiden yang melibatkan Sergio Ramos.

Menurut Marca, insiden yang melibatkan Nunez dan Asensio itu juga sempat ditinjau ulang oleh wasit tetapi tak ditayangkan melalui layar besar yang terdapat di stadion. Meskipun demikian wasit tak memberikan hadiah penalti bagi Karim Benzema cs.

Baca: Real Madrid Gagal Maju ke Final Piala Super Spanyol, Begini Komentar Zidane

Asensio sendiri memastikan bahwa Nunez menyentuh bola dengan tangannya. "Bola mengani tangan dia," kata Asensio usai pertandingan.

Pada laga itu Bilbao sempat unggul 2-0 lewat gol Raul Garcia. Penyerang veteran tersebut membuka keunggulan timnya pada menit ke-18 setelah menerima umpan terobosan dari Dani Garcia.

Dua puluh menit kemudian, Bilbao mendapatkan hadiah penalti setelah Lucas Vazquez menjatuhkan Inigo Martinez di kotak penalti. Raul Garcia yang maju sebagai algojo menuntaskan tugasnya dengan sempurna.

Madrid baru memperkecil ketertinggalan pada menit ke-73. Gol Benzema sempat diprotes pemain Bilbao karena dianggap sudah dalam posisi off-side. Tetapi wasit akhirnya mengesahkan gol itu setelah melihat tayangan ulang.

Jika saja Madrid mendapatkan penalti pada akhir pertandingan, bukan tak mungkin hasil akhir akan berbeda. Kemungkinan pertandingan harus melewati babak tambahan.

Hasil 1-2 laga Real Madrid vs Athletic Bilbao itu membuat laga El Clasico gagal digelar pada partai final Piala Super Spanyol. Bilbao yang akan menghadapi Barcelona pada partai puncak yang akan digelar pada Ahad mendatang.

MARCA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT