Liga Champions, 3 Rekor Ini Pecah Setelah Liverpool Vs Atalanta 0-2
TEMPO.CO | 26/11/2020 10:23
Pemain Atalanta Josip Ilicic, mencetak gol ke gawang Liverpool dalam pertandingan Grup D Liga Champions di Anfield, Liverpool, 26 November 2020. Pool via REUTERS/Laurence Griffiths
Pemain Atalanta Josip Ilicic, mencetak gol ke gawang Liverpool dalam pertandingan Grup D Liga Champions di Anfield, Liverpool, 26 November 2020. Pool via REUTERS/Laurence Griffiths

TEMPO.CO, Jakarta - Laga Liga Champions antara Liverpool vs Atalanta yang berlangsung Kamis dini hari tadi berakhir dengan skor 0-2. Tim tamu mengubur impian Liverpool untuk lolos ke babak 16 besar lebih cepat.

Atalanta yang pada pertemuan pertama kalah 0-5 tampil sangat solid dini hari tadi. Terlepas dari badai cedera yang dialami Liverpool, skuad asuhan Gianpierro Gasperrini itu mampu tampil apik dengan meredam serangan Mohamed Salah cs.

Saat Liverpool tampak frustasi untuk mencetak gol, Atalanta justru mengejutkan mereka dengan dua gol cepat pada babak kedua. Josep Ilicic dan Robin Gosens mencetak gol kemenangan tim asal Italia itu hanya dalam rentang waktu lima menit.

Ilicic menjebol gawang Alisson Becker setelah menerima umpan silang dari sisi kanan pertahanan Liverpool. Penyerang asal Slovenia tersebut lepas dari pengawalan Kostas Tsimikas dan berhasil menyontek bola melewati Alissonn.

Pemain sayap Robin Gosens menambah keunggulan Atalanta setelah menerima umpan sundulan dari Hans Hateboer. Gosens yang sama sekali tak terkawal dengan mudah menjebol gawang Liverpool.

Secara statistik, Opta mencatat ada 3 rekor yang tercipta pada laga tersebut. Menurut mereka, laga itu merupakan pertama kalinya Liverpool gagal melancarkan satu pun tendangan ke arah gawang di markas sendiri pada laga Liga Champions sejak 2003-2004.

Pada laga itu, Mohamed Salah cs tercatat hanya mampu melepaskan empat percobaan tembakan namun tak satu pun mengarah ke gawang, sementara Atalanta melepaskan delapan percobaan tembakan dengan empat diantaranya mengarah ke gawang.

Selain itu, kekalahan tersebut dianggap sebagai yang terbesar dialami Liverpool di Stadion Anfield sejak ditangani Jurgen Klopp. Liverpool sebelumnya tercatat tak pernah kalah lebih dari satu gol di markas sendiri sejak terakhir dipecundangi West Ham 0-3 pada Agustus 2015. Saat itu Liverpool masih ditangani oleh Brendan Rodgers.

Kekalahan itu juga yang terbesar dialami Liverpool di ajang Liga Champions saat bermain di Stadion Anfield. Terakhir kali Liverpool mengalami kekalahan lebih dari satu gol di sana adalah ketika mereka dibungkam Real Madrid 0-3 pada musim 2014-2015.

Kekalahan itu membuat Liverpool harus menunda untuk memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Mereka masih berada di puncak klasemen Grup D dengan sembilan angka namun masih mungkin tersalip oleh Ajax Amsterdam dan Atalanta yang berada di posisi kedua dan ketiga dengan perolehan angka sama, tujuh.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT