Dynamo Kiev Vs Barcelona 0-4, Lihat Statisik Carles Alena Ini
TEMPO.CO | 25/11/2020 11:40
Pemain Barcelona, Carles Alena mencetak gol ke gawang Villarreal dalam pertandingan Liga Spanyol di Camp Nou, Barcelona, 3 Desember 2018.  REUTERS/Albert Gea
Pemain Barcelona, Carles Alena mencetak gol ke gawang Villarreal dalam pertandingan Liga Spanyol di Camp Nou, Barcelona, 3 Desember 2018. REUTERS/Albert Gea

TEMPO.CO, Jakarta - Carles Alena mendapatkan kepercayaan untuk bermain penuh untuk pertama kalinya pada laga Liga Champions antara Dynamo Kiev vs Barcelona Rabu dini hari tadi. Dia pun membuktikan dirinya layak mendapatkan tempat di tim inti asuhan Ronald Koeman dengan catatan statistik impresif.

Sejak kedatangan Koeman, Alena memang disebut bakal tak mendapatkan banyak waktu bermain. Pasalnya lini tengah Barcelona saat ini sangat padat. Koeman lebih memilih Sergio Busquet, Miralem Pjanic dan Frenkie de Jong untuk mengisi lini tengahnya. Apalagi kini mereka memiliki pemain muda Pedri yang juga mendapat perhatian lebih dari Koeman.

Si pelatih bahkan sempat mempersilakan pemain jebolan akademi La Masia itu untuk pergi mencari klub lain. Akan tetapi Carles Alena memutuskan bertahan di Barcelona. Dia sempat menyatakan ingin membuktikan bahwa dirinya layak berada di tim asuhan Koeman tersebut.

Sejauh ini, Alena pun baru mendapatkan kesempatan bermain dua kali. Pada laga kontra Dynamo Kiev sebelumnya di Stadion Camp Nou, dia hanya masuk sebagai pengganti Pedri dan bermain hanya selama tujuh menit.

Cedera yang dialami Sergio Busquet plus keputusan Koeman untuk mengistirahatkan Frenkie de Jong rupanya menjadi berkah tersendiri bagi Alena. Dia pun mendapat kesempatan bermain sejak awal bersama dengan Pjanic pada laga malam tadi.

Menurut laman resmi Barcelona, Alena tampil sangat impresif pada laga itu. Dia menjadi pemain dengan akurasi umpan tertinggi pada laga itu dengan 99,1 persen.

Carles Alena menuntaskan 106 umpan dari 107 percobaan yang dia lakukan. Artinya, hanya satu umpan Alena yang gagal menemui targetnya pada laga tersebut.

Tak hanya itu, laman statistik Whoscored juga mencatat bahwa Alena merupakan pemain yang paling lama memegang bola dalam laga itu. Dia mendapatkan nilai 9,5 unggul jauh dari Pjanic yang hanya mendapatkan nilai 6,3.

Dia juga tercatat sebagai pemain Barcelona yang tak pernah kehilangan bola. Hanya saja, Alena memang tak berkontribusi dalam melakukan penetrasi ke area pertahanan lawan. Jika Pjanic tercatat dua kali melakukan penetrasi sukses, maka Alena tak melakukannya sama sekali.

Usai pertandingan, Carles Alena pun menyatakan sangat senang mendapatkan kesempatan bermain penuh seperti itu. Dia pun menyatakan siap membuat Ronald Koeman tak mengacuhkannya.

"Satu-satunya jalan saya ke depan adalah berlatih dengan keras dan membuat pelatih sulit untuk mengacuhkan saya. Sedikit demi sedikit saya merasa semuanya menjadi lebih baik," ujarnya usai laga itu.

"Saya senang mendapatkan kesempatan seperti ini, ini membuat saya merasa seperti menjadi pesepakbola lagi. Kompetisi untuk memperebutkan tempat di Barcelona memang sangat keras, saya harus menghadapi pemain-pemain terbaik di dunia."

Dengan catatan statistik seperti itu, Carles Alena dianggap layak untuk mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak lagi di skuad Barcelona saat ini. Apalagi mereka masih akan menghadapi jadwal yang padat dengan masih terlibat di tiga kompetisi: Liga Champions, Liga Spanyol dan Copa del Rey.

UEFA| WHOSCORED| FC BARCELONA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT