Kalah Lagi, Everton Lengser dari Takhta Klasemen Liga Inggris
TEMPO.CO | 02/11/2020 00:41
Penyerang Newcastle United Callum Wilson (kiri atas) mencetak gol keduanya ke gawang Everton dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion St. James' Park, Newcastle, Inggris, Minggu 1 November 2020. Laga itu berakhir dengan skor 2-1 untuk Newcastle. (ANTARA/REU
Penyerang Newcastle United Callum Wilson (kiri atas) mencetak gol keduanya ke gawang Everton dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion St. James' Park, Newcastle, Inggris, Minggu 1 November 2020. Laga itu berakhir dengan skor 2-1 untuk Newcastle. (ANTARA/REUTERS/POOL/Alex Pantling)

TEMPO.CO, Jakarta - Everton gagal kembali ke puncak klasemen sementara Liga Inggris setelah kembali menelan kekalahan, Minggu malam 1 November 2020. Bertandang ke kandang Newcastle United di St. James Park, pasukan The Toffees yang kini diasuh pelatih kawakan asal Italia, Carlo Ancelotti, bertekuk lutut 1-2.  

Keputusan Carlo Ancelotti mengistirahatkan James Rodriguez menjadi senjata makan tuan sebab Everton tak mampu mengkonversi dominasi 63 persen penguasaan bola jadi kemenangan. Dominic Calvert-Lewin memang kembali mencatatkan namanya di papan skor, tapi itu tak cukup untuk menghindarkan Everton dari kekalahan kedua sepanjang tujuh pekan pertama Liga Inggris bergulir.

Kekalahan pertamanya pada pekan lalu memaksanya harus berbagi posisi pimpinan klasemen bersama Liverpool.

Dua gol Newcastle dalam pertandingan itu dilesakkan Callum Wilson pada menit ke-54 dan 84. Gol yang pertama dihasilkan lewat eksekusi titik pinalti dan yang kedua tinggal menyodok bola hasil sepakan Ryan Fraser.

Pada menit pertama injury time Calvert-Lewin mencetak gol kedelapannya musim ini memanfaatkan umpan dari Alex Iwobi, tetapi gol itu hanya berakhir sebagai hiburan bagi Everton yang tetap menutup laga dalam kekalahan 1-2 dari Newcastle.

Hasil itu membuat Everton sementara tertahan di urutan posisi kedua klasemen dengan 13 poin dan terancam dilompati Leicester City (12) atau Leeds United (11) yang bakal berhadapan hari ini. Tahkta klasemen sementara kini diduduki Liverpool sendirian yang dalam laga sehari sebelumnya sukses menekuk West Ham United 2-1.

Sedangkan Newcastle United (11) kini naik ke urutan ke-10, sembari menunggu hasil pertandingan-pertandingan lain. 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT