Hasil Liga Inggris: Liverpool Kalahkan West Ham 2-1, Diogo Jota Jadi Pahlawan
TEMPO.CO | 01/11/2020 03:08
Penyerang Liverpool Diogo Jota melakukan selebrasi seusai mencetak gol menuntaskan kebangkitan timnya atas West Ham United dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu (31/10/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Peter Po
Penyerang Liverpool Diogo Jota melakukan selebrasi seusai mencetak gol menuntaskan kebangkitan timnya atas West Ham United dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu (31/10/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Peter Powell)

TEMPO.CO, JakartaDiogo Jota kembali tampil cemerlang untuk mengawali kebangkitan Liverpool saat mengatasi West Ham United 2-1 dalam laga pekan ketujuh Liga Inggris di Stadion Anfield, Sabtu waktu setempat atau Ahad dinihari WIB.  Masuk pada menit ke-70, Jota cuma butuh tujuh menit menyambar bola liar di dalam kotak penalti West Ham.

Namun, gol Jota itu dianulir oleh VAR. Wasit Kevin Friend menilai Sadio Mane terlebih dulu melakukan pelanggaran terhadap kiper Lukasz Fabianski yang menimbulkan situasi kemelut tersebut.

Jota dan kolega tak patah semangat karena keputusan merugikan itu. Pada menit ke-85, penyerang asal Portugal itu melakukan pergerakan cermat untuk menyelesaikan umpan terobosandari Xherdan Shaqiri. Gol itu membalikkan ketertinggalan Liverpool  menjadi kemenangan 2-1 atas West Ham.

Liverpool tampil begitu dominan menguasai lebih dari 72 persen pengendalian bola sepanjang laga dan hal itu mereka perlihatkan sejak sepak mula. Namun, sebuah sapuan buruk dari Joe Gomez berhasil dimanfaatkan Pablo Fornals untuk mencuri keunggulan bagi West Ham pada menit ke-10.

 

Baca juga : Liverpool vs West Ham: Kata Diego Jota Setelah Mendapat Banyak Pujian

Sejak itu, Liverpool berusaha untuk menembus pertahanan West Ham. Namun, skema 5-4-1 yang diterapkan David Moyes masih bisa diterjemahkan secara disiplin oleh pasukan The Hammers.

Pada menit ke-40, tembok pertahanan West Ham mulai rapuh. Mohamed Salah dijatuhkan di dalam area terlarang oleh Arthur Masuaku sehingga wasit segera menunjuk titik putih. Salah melakoni tugasnya dengan baik melesakkan bola ke tengah gawang, sementara Fabianski melompat ke sisi kirinya, membuat kedudukan imbang 1-1.

Babak kedua Liverpool mempertahankan dominasinya dan mengkonversinya jadi gol kemenangan lewat sepakan sempurna Jota di hadapan Fabianski. Gol itu membuat Jota menyamai rekor Luis Garcia yakni selalu mencetak gol di tiga laga kandang Liga Inggris pertamanya bersama Liverpool.

Krisis bek tengah Liverpool yang harus kehilangan Virgil van Dijk dan Fabinho karena cedera, tampak sedikit bisa diatasi. Sebab Nathaniel Phillips, yang selama ini lebih banyak tampil untuk tim akademi Liverpool atau dipinjamkan ke klub lain, membayar lunas kepercayaan Juergen Klopp.

 

Baca juga : Peluang Rhys Williams Bersinar di Tengah Krisis Pemain Belakang Liverpool

Hasil kontra West Ham membuat Liverpool menyamai rekor tidak terkalahkan dalam 63 pertandingan kandang Liga Inggris, yang terakhir kali mereka capai pada medio Februari 1978 sampai Desember 1980.

Liverpool juga berhasil mengambil alih posisi puncak klasemen sementara Liga Inggris dari tangan rival sekotanya, Everton. Liverpool mengoleksi 16 poin, unggul tiga poin atas Everton yang baru main sehari berselang. Adapun West Ham harus rela turun ke urutan ke-13 dengan delapan poin.

Pada pertandingan berikutnya, Liverpool akan bertandang ke markas Manchester City dalam laga pekan kedelapan, Ahad 8 November 2020. Sebelum ke Etihad, The Reds akan tampil di Grup D Liga Champions dengan melawat ke kandang Atalanta di Italia.

Susunan pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Nathaniel Phillips, Andy Robertson; Curtis Jones (Xherdan Shaqiri), Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah (James Milner, Roberto Firmino (Diogo Jota), Sadio Mane
Pelatih: Juergen Klopp

West Ham United (5-4-1): Lukasz Fabianski; Vladimir Coufal, Fabian Balbuena, Angelo Ogbonna, Aaron Cresswell, Arthur Masuaku (Manuel Lanzini); Jarrod Bowen (Said Benrahma), Tomas Soucek, Declan Rice, Pablo Fornals; Sebastien Haller (Andriy Yarmolenko)
Pelatih: David Moyes


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT