Bintang Arsenal Willian Mengaku Dapat Tantangan Baru Dilatih Mikel Arteta
TEMPO.CO | 29/10/2020 14:44
Gelandang Arsenal Willian. Instagram/@willianborges88
Gelandang Arsenal Willian. Instagram/@willianborges88

TEMPO.CO, Jakarta - Gelandang asal Brasil, Willian, bergabung dengan Arsenal dari Chelsea pada musim panas ini dengan status bebas transfer. Bermain di bawah pelatih Mikel Arteta, Willian mengaku mendapatkan tantangan baru.

Mikel Arteta tidak hanya dimainkan di satu posisi yang sama. Pelatih asal Spanyol itu juga menempatkan pemain 32 tahun itu di beberapa peran berbeda di tim utamanya.

Saat Arsenal kalah 1-0 di kandang Manchester City dua pekan lalu, Willian diplot sebagai penyerang tengah. Posisi ini tidak lazim baginya.

Willian mengakui ada elemen yang membuatnya frustasi bermain di bawah Arteta. Namun ia merasa senang bekerja dengannya. Ia mengaku mendapatkan pengalaman baru yang memberinya pelajaran.

Baca juga: Willian Merasa Lebih Dibutuhkan Arsenal Ketimbang Chelsea

Pendekatan yang dipakai Arteta berbeda dengan yang biasa digunakan Willian. Pelatih Arsenal itu mengadopsi pendekatan 'permainan posisi' disiplin taktis yang dia adopsi dari mantan bosnya di Manchester City, Pep Guardiola.

"Sunggu pengalaman baru yang keren. Saya tidak pernah bekerja dengan pelatih dengan pola pikir seperti itu," kata Willian kepada Globo Esporte.

"Permainan posisi tidak berarti Anda tidak memiliki kebebasan di lapangan. Anda memiliki kebebasan untuk bergerak tetapi berkali-kali Anda harus memperhatikan posisi, apa yang diminta pelatih serta instruksi pelatih, memahami itu akan lebih baik bagi tim," katanya.

"Mungkin saja Anda tidak menyentuh bola dan menjadi frustasi, tetapi Mikel selalu mengatakan, tunggu sebentar, bola akan tiba. Saya belajar banyak."

Willian telah mencatat enam penampilan musim ini, dengan berbagai posisi karena Arteta sering mengubah formasi Arsenal.

Baca juga: Arteta Girang Arsenal Dapatkan Willian: Ia Bisa Membuat Perbedaan bagi Kami

Terkait dengan penampilan Willian saat melawan City, Arteta tetap memberikan apresiasi meski timnya kalah dan tak bisa mencetak gol dalam laga itu. Ia bahkan membela Willian yang bermain sebagai penyerang tengah pada laga tersebut.

"Kami perlu memiliki keserbagunaan untuk bermain dalam formasi berbeda, menempati ruang berbeda," kata Arteta usai kekalahan timnya di kandang City akhir pekan lalu. "Saya yakin itu adalah permainan untuknya, cara City bermain, cara mereka menarik lawan dan ruang yang bisa digunakan."

"Dia juga sangat yakin. Jelas sangat sulit untuk meninggalkan dua striker di bangku cadangan, tetapi itu keputusan taktis."

Ketidakmampuan Arsenal untuk menciptakan peluang di babak kedua dikritik, tetapi Arteta senang dengan Willian dan merasa dia akan meningkat.

Ditanya apakah dia senang dengan penampilan Willian, Arteta menjawab iya. "Dalam beberapa momen lebih baik daripada yang lain," ujarnya.

"Tapi saya pikir dia akan tumbuh dan memahami lebih baik di posisi itu karena kami mungkin menggunakannya lagi di kesempatan lain, mungkin juga dengan pemain lain yang mengelilinginya. Tapi saya senang dengan permainannya," kata Arteta.

Baca juga: Prediksi Arsenal vs Dundalk di Liga Europa, Ditayangkan Live SCTV

Arsenal akan menghadapi Dundalk pada laga kedua Liga Europa di Emirates Stadium, London, Jumat dini hari, 30 Oktober 2020. The Gunners memetik kemenangan di laga sebelumnya di kandang Rapid Wien dengan skor 2-1.

MIRROR


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT