Timnas U-16 Indonesia Kembali Dikalahkan UEA, Begini Evaluasi Bima Sakti
TEMPO.CO | 25/10/2020 04:13
Pelatih timnas U-16, Bima Sakti. Pssi.org
Pelatih timnas U-16, Bima Sakti. Pssi.org

TEMPO.CO, JakartaTimnas U-16 Indonesia kembali harus mengakui keunggulan Uni Emirat Arab (UEA) pada laga uji coba di Stadion Federasi sepak bola UEA, Dubai, Sabtu. Pada uji coba kedua ini, skuad Garuda Asia kalah dengan skor 0-4. 

Ini menjadi kekalahan kedua setelah pada Rabu lalu mereka kalah 2-3.

Tekad untuk meraih hasil lebih baik gagal dilakukan dilaga itu. Gawang Indonesia yang dijaga Raka Octa Bernanda kebobolan di menit ke-16 dan 26 di babak pertama melalui aksi Ahmed Moammed dan Abdulaziz Ali.

Pada babak kedua, pelatih Bima Sakti melakukan rotasi pemain. Namun permainan ofensif UEA tak mampu dibendung Garuda Asia sehingga babak kedua timnas U-16 kembali kebobolan. Dua gol tuan rumah dicetak oleh Sultan Adel pada menit-75' dan Ali Mohammed pada menit 79'. Timnas U-16  pun takluk 4-0.

Meski kembali kalah, Bima Sakti melihat adanya kemajuan dalam performa bagi para pemainnya. "Secara performa anak-anak lumayan, dalam arti mereka bermain dengan cara yang kami inginkan," ujar Bima, seperti dikutip laman PSSI.

Meski demikian, juru taktik timnas Indonesia itu menyebut anak-anak asuhnya beberapa kali melakukan kesalahan yang menguntungkan lawan. Selain itu, UAE juga cukup baik dalam memanfaatkan situasi bola-bola mati. "Hal ini menjadi poin evaluasi yang harus diperbaiki," tutur Bima.

Ia melanjutkan, “Ini menjadi laga pertama bagi tim bertanding dengan tim luar. Bukan berarti mencari alasan dengan hasil hari ini. Uji coba internasional ini pada kesimpulannya bagus untuk kami, artinya kami punya kesempatan untuk bertanding melawan tim Arab, bagaimana kami menjadi tahu bahwa mereka suka memancing emosi pemain.”

Setelah dua laga uji coba di UAE, pada Ahad, 25 Oktober, seluruh pemain dan ofisial timnas U-16 akan kembali ke Indonesia. Timnas U-16 rencananya akan melanjutkan pemusatan latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang hingga 8 November 2020.

Pemusatan latihan dan uji coba menjadi persiapan Indonesia menuju Piala Asia U-16 yang akan berlangsung pada awal 2021 di Bahrain. Di turnamen tersebut, Indonesia bergabung di Grup D bersama Arab Saudi, China dan juara bertahan, Jepang.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT