Hasil Liga Belanda: Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven Sama-sama Menang Telak
TEMPO.CO | 19/10/2020 02:52
Logo Eredivisie
Logo Eredivisie

TEMPO.CO, JakartaAjax Amsterdam berpesta gol saat melawan Heerenveen 5-1 dalam laga pekan kelima Eredivisie yang berlangsung di Johan Cruijff Stadium, Ahad, 18 Oktober 2020. Hasil itu sekaligus mengudeta puncak klasemen Liga Belanda dari tangan Feyenoord.

Dusan Tadic menyumbangkan dua gol diiringi gol dari Mohammed Kudus, Davy Klaassen, dan Anthony. Sementara, satu gol hiburan Heerenven dicetak Henk Veerman. Raihan tiga poin itu membuat Ajax berada di papan atas klasemen dengan 12 poin. Ajax ditempel ketat oleh Vitesse yang memiliki poin sama usai menang dari ADO Den Haag dalam laga yang berbarengan. Adapun Heerenven tertahan di posisi enam dengan 10 poin.

Sejak awal laga, Ajax Amsterdam tampil dominan, sejumlah peluang langsung diciptakan Daley Blind dan kawan-kawan. Dusan Tadic membuka keunggulan Ajax saat pertandingan baru berjalan empat menit. Tendangan melengkungnya dari dalam kotak penalti sulit dijangkau kiper Heerenveen.

Gol kedua Tadic tercipta melalui titik putih pada menit ke-28. Berawal dari umpan silang Tadic di sisi kiri, bola terlihat menyentuh tangan Sherel Floranus. Wasit sempat berkonsultasi melalui VAR untuk memastikan ada pelanggaran.

Dua menit berjalan, wasit langsung menunjuk titik putih dan Tadic yang bertindak sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan peluang emas tersebut. Butuh hanya tujuh menit bagi Ajax untuk memperlebar keunggulan. Kali ini giliran Mohammed Kudus yang mencatatkan namanya di papan skor. Sepakan mendatar dari sisi kanan mematikan langkah kiper Heerenveen.

Pada babak kedua, Henk Veerman sempat memperkecil kedudukan berkat sontekannya setelah menerima umpan matang Mitchell van Bergen untuk mengelabui kiper Andre Onana. Alih-alih terus mengejar ketertinggalan, Heerenveen malah kembali diganjar penalti setelah Rodney Kongolo terlihat menjatuhkan Lassina Traore. Davy Klaassen sukses mengonversinya menjadi gol.

Tiga menit jelang waktu normal berakhir, penyerang muda Ajax, Anthony, menyudahi laga dengan kedudukan 5-1 setelah sepakan melengkung di dalam kotak penalti tak bisa dijangkau kiper.

Di pertandingan lain, Vitesse menyudahi perlawanan tuan rumah ADO Den Haag dengan skor 2-0. Kemenangan didapatkan setelah Vitesse harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-45. Armando Broja mencetak dua gol kemenangan Vitesse atas ADO. Dengan hasil ini Vitesse menempel ketat Ajax di papan klasemen Liga Belanda setelah mengumpulkan poin sama yakni 12.

Sementara itu, PSV Eindhoven berhasil memukul tuan rumah PEC Zwolle tiga gol tanpa balas dalam laga pekan kelima Liga Belanda yang berlangsung di Stadion MAC3PARK. Tiga gol kemenangan PSV dicatatkan Mario Gotze, Cody Gakpo, dan Donyel Malen yang semuanya terjadi pada babak pertama.

Kemenangan ini mewarnai Liga Belanda pekan kelima yang silih terjadi kudeta posisi puncak. Diawali Feyenoord, beberapa jam kemudian Ajax mengambil alih pucuk pimpinan, dan kini PSV mendongkel urutan pertama. PSV mengoleksi 13 poin atau terpaut satu angka dari Ajax. Sementara bagi PEC Zwolle tertahan di posisi 11 yang hanya mengumpulkan empat poin.

Dominasi PSV atas lawannya sudah terlihat sejak menit awal. Mario Gotze membuka keunggulan saat laga baru memasuki menit ke-8. Berawal dari kesalahan umpan bek Zwolle, mantan pemain Bayern Munchen itu mengintersep bola untuk diakhiri dengan sontekan. Sepuluh menit berselang sontekan Cody Gakpo menerima umpan matang Phillip Max mendarat manis di dalam gawang Michael Zetterer.

Zwolle sebenarnya memiliki peluang emas untuk memperkecil kedudukan melalui titik putih. Namun, Reza Ghoochannejhad yang bertindak sebagai eksekutor gagal mengonversinya menjadi gol. PSV Eindhoven justru mampu memperlebar keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-38. Sepakan Donyell Malen di luar kotak penalti tak bisa ditepis kiper Zwolle. Skor 3-0 itu bertahan hingga akhir.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT