Resmi Bergabung Dengan Barcelona, Klausa Pemutusan Kontrak Sergino Dest Rp 6,9 T
TEMPO.CO | 01/10/2020 19:42
Barcelona memperkenalkan bek barunya, Sergino Dest, di Stadion Camp Nou, Kamis 1 Oktober 2020
Barcelona memperkenalkan bek barunya, Sergino Dest, di Stadion Camp Nou, Kamis 1 Oktober 2020

TEMPO.CO, Jakarta - Barcelona secara resmi mengumumkan bergabungnya bek kanan Sergino Dest dari Ajax Amsterdam. Si pemain mendapatkan kontrak berdurasi lima tahun.

Di laman resminya, Barcelona menyebutkan bahwa mereka harus merogoh kocek hingga 21 juta euro atau sekitar Rp 365,7 miliar untuk mendatangkan Dest. Barcelona juga harus membayar 5 juta euro lagi kepada Ajax Amsterdam jika si pemain memenuhi sejumlah persyaratan.

Dalam kontraknya, Barcelona memagari Sergino Dest dengan klausa pemutusan kontrak sebesar 400 juta euro atau sekitar Rp 6,9 triliun. Nilai itu sama dengan nilai pemutusan kontrak bintang muda Barcelona, Ansu Fati.

Sergino Dest disebut sebagai pemain berkewarganegaraan Amerika Serikat pertama yang menjadi bagian dari tim senior Barcelona. Mereka sebenarnya memiliki Konrad de la Fuente yang merupakan kompatriot Dest, tetapi Konrad belum berhasil menembus tim senior dan masih berstatus sebagai pemain Barcelona B.

Baca: Sergino Dest, Jawaban Kerinduan Barcelona Akan Sosok Dani Alves

Sergino Dest menjadi rekrutan pertama Barcelona di bawah asuhan Ronald Koeman. Pada bursa transfer musim panas ini, Barcelona sebenarnya telah mendatangkan Trincao dan Pedri, tetapi kesepakatan transfer kedua pemain itu dilakukan sebelum Koeman menduduki posisi Pelatih Barcelona.

Koeman dalam konferensi persnya Rabu kemarin mengaku mengenal Dest dengan baik. Pasalnya dia pernah membujuk Dest untuk bermain di Timnas Belanda, tetapi ditolak si pemain yang lebih memilih bermain untuk tanah kelahiran ayahnya, Amerika Serikat.

Baca juga: Calon Bek Baru Barcelona Sergino Dest Pernah Bilang Ingin Main di Real Madrid

Pemain berusia 19 tahun itu dikenal sebagai bek yang memiliki kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya. Pelatih Timnas U-20 Amerika Serikat, Tab Ramos, bahkan menyebut Sergino Dest memiliki kemiripan gaya bermain dengan mantan bek kanan Barcelona, Dani Alves.

Dengan hengkangnya Nelson Semedo ke Wolverhampton Wanderers, Sergino Dest akan bersaing dengan Sergi Roberto untuk menempati posisi bek kanan di skuad asuhan Ronald Koeman. Roberto sendiri sebenarnya seorang gelandang yang kemudian dipaksa bermain sebagai bek kanan ketika Alves hengkang dari Barcelona ke Juventus enam tahun lalu.

FC BARCELONA| MARCA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT