Celta Vigo Vs Barcelona, Ronald Koeman Tak Akan Banyak Rotasi Pemain
TEMPO.CO | 30/09/2020 20:46
Para pemain Barcelona berselebrasi setelah mengalahkan Celta Vigo dalam laga lanjutan Liga Spanyol di Camp Nou, Spanyol, 9 November 2019. REUTERS/Albert Gea
Para pemain Barcelona berselebrasi setelah mengalahkan Celta Vigo dalam laga lanjutan Liga Spanyol di Camp Nou, Spanyol, 9 November 2019. REUTERS/Albert Gea

TEMPO.CO, Jakarta - Laga Celta Vigo vs Barcelona akan menjadi laga resmi kedua Ronald Koeman menangani Lionel Messi cs musim ini. Pelatih asal Belanda itu sukses menjalani laga perdananya dengan menumpas Villarreal 4-0 pada akhir pekan lalu.

Bertandang ke markas Celta Vigo pada Jumat dini hari mendatang, Koeman memahami sulitnya laga tersebut. Menurut dia, Vigo memiliki banyak pemain dengan teknik bagus. Apalagi dalam lima musim terakhir Barcelona selalu gagal menang ketika bermain di Estadio de Balaidos.

"Kami mengharapkan ini akan menjadi laga yang sulit," kata Koeman dalam konferensi pers yang digelar Rabu, 30 September 2020. "Celta Vigo memiliki banyak pemain dengan teknik yang sangat bagus dan anda harus bermain baik untuk mengalahkan mereka."

"Barcelona tak pernah menang di sana dalam beberapa musim terakhir dan ini adalah tempat yang sulit untuk dikunjungi."

Baca: Sergino Dest, Jawaban Kerinduan Barcelona Akan Sosok Dani Alves

Meskipun demikian, Koeman memastikan timnya dalam kondisi yang bagus. Dia juga menyatakan bahwa kemenangan 4-0 atas Villarreal akhir pekan kemarin meningkatkan rasa percaya diri para pemain Barcelona.

Pria yang juga pernah bermain di Barcelona tersebut menyatakan akan melakukan sejumlah perubahan. Meskipun demikian dia menyatakan tak akan ada banyak rotasi pemain.

Koeman juga mewanti-wanti timnya untuk bermain sama baiknya saat kandang maupun tandang. Dia pun tak mau ambil pusing soal performa tandang Lionel Messi cs musim lalu yang dinilai buruk.

"Tim dalam kondisi baik dan percaya diri. Akan ada sejumlah perubahan pada laga ini, tetapi saya tak akan melakukan banyak rotasi karena hal itu tak dibutuhkan saat ini," kata dia.

"Baik kandang maupun tandang, saya ingin kami bermain dengan cara yang sama, dengan menekan lawan, mendominasi dan bermain di level yang tinggi."

Baca juga: Lionel Messi dan False Nine Ala Ronald Koeman di Barcelona

Pada laga akhir pekan kemarin, Ronald Koeman memang melakukan sejumlah perubahan drastis pada skema permainan Barcelona.

Dia tak lagi menggunakan skema 4-3-3 yang melekat dengan La Blaugrana sejak setidaknya satu dekade terakhir. Koeman lebih memilih skema permainan 4-2-3-1 demi memperkuat lini belakang dan lini tengahnya.

Selain itu, Ronald Koeman juga memberi Lionel Messi peran baru. Si Kutu, julukan Messi, kini lebih bermain sebagai penyerang murni, menggantikan peran Luis Suarez yang hengkang ke Atletico Madrid. Untuk mendukung Messi, Koeman menempatkan Ansu Fati, Antoine Griezmann dan Philippe Coutinho.

Laga Liga Spanyol antara Celta Vigo vs Barcelona akan berlangsung pada Jumat 2 Oktober 2020 pukul 02.30 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh beIN Sports.

MARCA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT