Lionel Messi Ajak Hentikan Perdebatan, Begini Respon Ronald Koeman
TEMPO.CO | 30/09/2020 19:49
Luis Suarez, Lionel Messi, dan Arturo Vidal. REUTERS
Luis Suarez, Lionel Messi, dan Arturo Vidal. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Pelatih Barcelona Ronald Koeman merespon pernyataan Lionel Messi yang meminta semua pihak menghentikan semua perdebatan dan bersatu demi kebaikan klub itu. Koeman menyatakan senang dengan pernyataan Messi itu namun dia tak berharap semuanya akan lebih mudah baginya.

"Saya tak tahu apakah saya akan menghadapi hidup yang lebih tenang karena komentar Messi, saya kira tak begitu," kata Koeman dalam konferensi pers Rabu, 30 September 2020.

"Pasti akan ada sesuatu. Tetapi itu hal positif ketika seorang kapten meminta semuanya bersatu dan saya harap kami bisa lebih tenang ketimbang sebelumnya."

Dalam wawancara dengan media Spanyol Sport, Messi menyatakan ingin mengakhiri pertentangan yang dia mulai dengan Barcelona dalam satu bulan terakhir. Pertentangan itu terkait dengan pernyataan Messi sebelumnya yang ingin meninggalkan Barcelona.

Ronald Koeman sempat terbawa masalah ini. Dia disebut sebagai orang yang membuat Messi berpikiran untuk hengkang. Pasalnya permintaan Messi itu diajukan beberapa hari setelah si pemain bertemu dengan pelatih barunya itu. 

Baca: Lionel Messi dan False Nine Ala Ronald Koeman di Barcelona

Saat itu, Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu tak sepakat dengan Messi dan meminta si pemain menghormati kontraknya yang akan berakhir pada Juni tahun depan.

Setelah masalah tersebut selesai, Messi lantas menyerang para petinggi Barcelona terkait kepergian rekan sekaligus sahabat karibnya, Lionel Messi. Dia menilai Barcelona tak pantas memperlakukan Suarez seperti itu setelah apa yang dia berikan dalam enam tahun terakhir.

Dalam wawancara dengan Sport itu, Messi menyatakan semua tindakannya tersebut tak lain karena kebaikan Barcelona sendiri.

Ronald Koeman pun menyambut baik pernyataan Lionel Messi itu. Bahkan dia berjanji akan membangun tim yang bisa membuat si pemain kembali tampil pada performa terbaiknya.

"Saya kira kami harus membuat tim yang sebaik mungkin untuk dia, sehingga dia bisa berada dalam penampilan terbaiknya," kata Koeman.

Baca juga: Sergino Dest, Jawaban Kerinduan Barcelona Akan Sosok Dani Alves

"Sangat penting bermain dengan sistem dimana para pemain merasa nyaman. Kami akan mengupayakan hal itu saat latihan dimana dia juga ingin menang. Satu-satunya cara untuk membuat Messi bahagia adana dengan memenangkan pertandingan," kata Koeman.

Pernyataan Lionel Messi itu keluar setelah akhir pekan kemarin Barcelona memulai kompetisi Liga Spanyol dengan sangat baik. Mereka menumpas Villarreal 4-0 dimana Messi mencetak satu gol dan satu assist pada laga tersebut.

Lionel Messi pun telah kembali tersenyum dengan kemenangan tersebut. Dia tampak menikmati permainan Barcelona di bawah asuhan Ronald Koeman setelah sebelumnya sempat menyatakan tak tahu bagaimana dia akan bermain dengan absennya Luis Suarez.

MARCA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT