Bek Baru Manchester City Ruben Dias Disebut Sebagai Paduan Koulibaly dan Kounde
TEMPO.CO | 28/09/2020 17:20
Ruben Dias. Instagram/@rubendias
Ruben Dias. Instagram/@rubendias

TEMPO.CO, Jakarta - Bek Ruben Dias disebut tinggal selangkah lagi bergabung dengan Manchester City. Pemain asal Portugal dilepas Benfica dalam skema transfer yang melibatkan barter bek Nicolas Otamendi.

Melalui pengumuman resminya, Benfica menyatakan bahwa Dias diboyong dengan mahar 62 juta pound sterling plus tiga juta pound sterling (total sekitar Rp 1,2 triliun) bonus performa. Manchester City juga memberikan bek Nicolas Otamendi ke klub asal Portugal itu.

Benfica hanya harus membayar 13,6 juta pound sterling (sekitar Rp 260 miliar) untuk Otamendi. Transfer kedua pemain pun disebut memasuki tahap akhir dengan mereka akan menjalani tes medis serta menyepakati dan menandatangani kontrak di klub masing-masing.

Ruben Dias sebenarnya bukanlah target utama Manchester City. Manajer Pep Guardiola disebut lebih memprioritaskan Kalidou Koulibaly dari Napoli ketimbang Dias.

Negosiasi dengan Napoli yang mentok membuat Manchester City mengalihkan perhatiannya. Manchester City harus bergerak cepat karena kompetisi Liga Inggris sudah dimulai.

Meskipun hanya sebagai pilihan kedua, media Manchester Evening News menyebut Ruben Dias memiliki kelebihan ketimbang Koulibaly. Mereka bahkan menyebut pesepakbola asli binaan akademi Benfica itu merupakan perpaduan sempurna dari Koulibaly dan bek muda Sevilla, Jules Kounde, yang juga sempat disebut sebagai incaran Manchester City.

Sebagai gambaran, Dias memiliki catatan statistik lebih baik soal membuang bola dari area pertahanan sendiri ketimbang Koulibaly dan Kounde dengan rasio 3,1. Selain itu, menurut AS, Dias juga jauh lebih baik dari Kounde dalam hal memenangkan bola, intersepsi, dan jegalan.

Ruben Dias hanya kalah dalam hal duel udara dari Kounde. Pemain muda asal Prancis itu tercatat memanangkan 62 persen duel udara musim lalu. Dias terpaut tipis dengan 60 persen namun lebih unggul dari Koulibaly yang hanya memenangkan 55 persen duel udara.

Soal melepaskan umpan, Ruben Dias memang bukan yang terbaik. Dia masih kalah dari Koulibaly yang memiliki tingkat akurasi hingga 91,4 persen. Meskipun demikian, Dias tak terlampau jauh dengan tingkat akurasi umpan 88,6 persen dan unggul dari Koune yang hanya mencatatkan 76,6 persen.

AS menambahkan Ruben Dias memiliki persentase akurasi umpan hingga 81 persen di area permainan lawan. Dia juga disebut piawai melepaskan umpan panjang ke lini depan dengan akurasi mencapai 68,4 persen. Jauh lebih unggul dari Kounde yang hanya mencatatkan presentase sebesar 66,3.

Akurasi umpan memang menjadi hal yang sangat penting bagi gaya permainan yang diterapkan Guardiola. Manajer asal Spanyol itu memang menyuakai bek yang tak hanya piawai menjaga pertahan tetapi juga bisa membantu lini serang dengan umpan-umpan akurat ke lini depan.

Meskipun demikian, menurut AS, kemampuan Ruben Dias soal melepaskan umpan itu sebenarnya lebih rendah dari Otamendi yang mereka lepas ke Benfica. Otamendi tercatat memiliki akurasi umpan jauh sebesar 87,9 persen. Dias juga tertinggal dalam hal itu dari calon rekan setimnya, Aymeric Laporte yang mencatatkan akurasi umpan jauh sebesar 90 persen.

Ruben Dias mungkin bukanlah bek terbaik dari yang ada di pasaran saat ini, akan tetapi dengan usianya yang masih 23 tahun, masih terbuka luas kesempatan untuk berkembang. Apalagi di Manchester City dia akan ditangani oleh Pep Guardiola yang dikenal mampu mengeluarkan kemampuan terbaik seorang pemain.

MANCHESTER EVENING NEWS| AS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT