Brighton Vs Manchester United, Solskjaer Bongkar Lini Tengahnya Lagi?
TEMPO.CO | 26/09/2020 11:13
Gelandang asal Belanda Donny Van De Beek resmi berseragam Manchester United dengan nilai transfer 45 juta euro (sekira Rp783 miliar) dan dkontrak Setan Merah selama lima tahun. Instragram/@manchesterunited
Gelandang asal Belanda Donny Van De Beek resmi berseragam Manchester United dengan nilai transfer 45 juta euro (sekira Rp783 miliar) dan dkontrak Setan Merah selama lima tahun. Instragram/@manchesterunited

TEMPO.CO, Jakarta - Laga Liga Inggris Brighton vs Manchester United akan berlangsung pada Sabtu malam nanti. Manajer Ole Gunnar Solskjaer tampak masih belum menemukan kombinasi yang pas di lini tengahnya.

Kehadiran Donny van de Beek membuat Solskjaer memiliki banyak pilihan di lini tengah. Sebelumnya dia telah memiliki Paul Pogba, Nemanja Matic, Scot McTominay dan Fred untuk mengisi dua posisi di depan empat bek sejajar.

Musim lalu, Pogba dan Matic menjadi pilihan utama Solskjaer dengan McTominay dan Fred sebagai pelapis, namun dengan usia Matic yang sudah 32 tahun, Solskjaer memang membutuhkan calon pengganti yang pas.

Pada laga pekan kemarin kontra Crystal Palace, Solskjaer mencoba memasangkan McTominay dengan Pogba. Alhasil, lini tengah Manchester United terlihat lebih mudah ditembus lawan dan kurang greget dalam membantu serangan.

Masuknya Van de Beek pada babak kedua sempat memberi harapan cerah. Gelandang yang diboyong dari Ajax Amsterdam itu sempat memperkecil ketertinggalan Manchester United sebelum akhirnya Wilfred Zaha memastikan kemenangan Crystal Palace.

Pada laga Piala Liga kontra Luton City Rabu kemarin, Solskjaer kembali melakukan eksperimen. Dia memainkan Donny van de Beek sebagai gelandang serang tepat di belakang satu penyerang tunggal. Nemanja Matic dan Fred menjadi jangkar pada laga tersebut.

Dari sisi pertahanan, kehadiran Matic memang terbukti ampuh. Luton kesulitan menembus hingga lini belakang Manchester United pada laga tersebut. Menurut laman Whoscored, Matic bersama bek Eric Bailly tercatat sebagai pemain yang paling banyak menggagalkan peluang Luton.

Akan tetapi Donny van de Beek justru tampil kurang maksimal sebagai gelandang serang. Akurasi umpannya buruk, perannya dalam membongkar pertahanan lawan juga tak maksimal sehingga Manchester United hanya mencetak satu gol saat dia bermain.

Baru setelah Solskjaer menariknya keluar dan memasukkan Bruno Fernandes penampilan Manchester United membaik.

Posisi ideal Van de Beek memang bukan sebagai gelandang serang. Saat masih bermain di Ajax Amsterdam, dia lebih sering bermain sebagai jangkar bersama Frenkie de Jong yang kini berseragam Barcelona.

Namun untuk memasukkan Van de Beek di posisi tersebut, Solskjaer harus rela membangkucadangkan Paul Pogba atau Nemanja Matic. Sejauh ini, Solskjaer belum pernah memasangkan Van de Beek dengan Pogba atau pun Matic.

Bisa jadi Solskjaer akan melakukan hal itu pada laga kontra Brighton malam nanti. Akan tetapi, dengan target meraih kemenangan perdana di Liga Inggris musim ini, bisa jadi Van de Beek justru yang akan dibangkucadangkan. Solskjaer bisa memilih duet Pogba dan Matic yang telah teruji pada musim lalu.

Laga Liga Inggris antara Brighton vs Manchester United akan berlangsung pada Sabtu malam pukul 18.30 WIB. Laga ini akan disiarkan secara lansung oleh Mola TV.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT