Luis Suarez ke Atletico Madrid, Barcelona Bakal Kehilangan 30 Gol Musim Ini
TEMPO.CO | 24/09/2020 08:15
Penyerang Barcelona Luis Suarez, berusaha melewati pemain Espanyol Leandro Cabrera, dalam pertandingan Liga Spanyol di Camp Nou, Barcelona, 9 Juli 2020. REUTERS/Albert Gea
Penyerang Barcelona Luis Suarez, berusaha melewati pemain Espanyol Leandro Cabrera, dalam pertandingan Liga Spanyol di Camp Nou, Barcelona, 9 Juli 2020. REUTERS/Albert Gea

TEMPO.CO, Jakarta - Kepergian Luis Suarez dari Barcelona ke Atletico Madrid diprediksi akan membuat lini depan La Blaugrana sedikit lebih tumpul. Dengan hanya Lionel Messi tersisa, Barcelona diprediksi akan kehilangan setidaknya 30 gol pada musim ini.

Performa Suarez bersama Barcelona memang sangat luar biasa. Selama enam tahun membela La Blaugrana, penyerang asal Uruguay itu mencatatkan rekor 198 gol dari 283 laga. Dengan begitu, Luis Suarez rata-rata mencetak 30 gol dalam semusim di Barcelona.

Dia pun tercatat menjadi pemain tersubur ketiga dalam sejarah klub itu, dibawah Lionel Messi (634 gol) dan Cesar Rodriguez (232 gol).

Tak hanya pandai mencetak gol, Luis Suarez juga piawai dalam memberikan umpan matang. Media Spanyol Marca menyebutkan bahwa Luis Suarez merupakan pasangan terbaik bagi Messi.

Selama bermain bersama, Luis Suarez tercatat menyumbangkan 47 assist bagi Messi, tertinggi di antara pemain-pemain Barcelona lainnya. Hanya Andreas Iniesta yang memiliki rekor yang sama dengan Suarez.

Sebaliknya, Messi juga tercatat telah memberian 39 assist bagi Luis Suarez, terbanyak di antara para pemain Barcelona lainnya.

Barcelona memang masih memiliki Antoine Griezmann sebagai ujung tombak, tetapi sejak didatangkan dari Atletico Madrid pada musim lalu, Griezmann belum menunjukkan bahwa dirinya bisa bermain dengan baik bersama Messi di lini depan.

Penyerang asal Prancis itu juga tampaknya tak akan mampu menggantikan 30 gol per musim yang biasa disumbangkan Luis Suarez. Musim lalu saja, Griezmann hanya mencetak 15 gol, terpaut enam gol dari Luis Suarez yang sempat mengalami cedera cukup panjang.

Bahkan, sepanjang karirnya Griezmann baru sekali mencetak 30 gol dalam semusim, yaitu pada musim 2015-2016 saat dia mencetak total 32 gol bagi Atletico Madrid di semua kompetisi.

Dengan hengkangnya Luis Suarez ke Atletico Madrid, praktis ketajaman lini depan Barcelona kini bertumpu kepada Lionel Messi. Mereka harus berharap pemain muda seperti Ansu Fati, Trincao ataupun Ousmane Dembele bisa mengambil alih sumbangan 30 gol per musim yang biasa disumbangkan Luis Saurez.

MARCA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT